Reporter: Rilanda Virasma | Editor: Handoyo
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menjelang periode Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru), trafik pengunjung pusat perbelanjaan yang dikelola PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) terus menunjukkan tren peningkatan.
Director of Business Development PWON, Ivy Wong, mengungkapkan, hingga awal Desember 2025, rata-rata kunjungan ke seluruh mal Pakuwon meningkat sekitar 8% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
“Antusiasme masyarakat kembali pulih, terutama didorong oleh semakin aktifnya kegiatan belanja, kuliner, dan hiburan keluarga menjelang liburan akhir tahun,” ujar Ivy kepada Kontan, Selasa (2/12/2025).
Ivy mengatakan, momentum Black Friday dan rangkaian promo akhir tahun turut memberikan dampak signifikan terhadap aktivitas pengunjung dan penjualan tenant. Selama periode tersebut, PWON mencatat peningkatan kunjungan yang cukup signifikan, sejalan dengan pola belanja masyarakat yang semakin agresif menjelang liburan akhir tahun.
Baca Juga: Marketing Sales per September 2025 Lesu, Ini Strategi PWON untuk Dongkrak Penjualan
Peningkatan trafik ini, kata Ivy, juga mendongkrak tingkat konversi pembelian, terutama pada kategori fashion, F&B, dan lifestyle.
Program promosi kolaboratif antara manajemen mal dan tenant, mulai dari diskon tematik, midnight sale, hingga gelaran hiburan dinilai Ivy efektif menciptakan pengalaman berbelanja yang lebih menarik dan mendorong transaksi.
Selain itu, Ivy juga mencatat adanya pergeseran pola kunjungan, di mana pengunjung kini lebih banyak memanfaatkan area F&B, leisure, dan experiential retail dibanding sekadar berbelanja kebutuhan. “Pola ini menunjukkan bahwa mal kini semakin berfungsi sebagai destinasi rekreasi dan gaya hidup,” jelasnya.
Untuk menjaga momentum trafik dan mendorong daya beli konsumen di tengah persaingan diskon ritel yang semakin agresif, PWON menerapkan strategi holistik berbasis experience.
Kata Ivy, perusahaan tidak hanya mengandalkan besaran diskon, melainkan menghadirkan pengalaman berkunjung yang lebih komprehensif.
PWON memperkuat program tematik akhir tahun melalui rangkaian event, instalasi dekorasi akhir tahun, penggunaan karakter Intellectual Property (IP), serta hiburan keluarga, sekaligus kolaborasi dengan tenant untuk menciptakan alasan tambahan bagi konsumen untuk berkunjung dan menghabiskan waktu lebih lama di mal.
Selain itu, optimalisasi tenant mix terus dilakukan dengan menghadirkan brand-brand baru di segmen F&B, lifestyle, dan experiential retail yang kini menjadi magnet utama trafik.
Program curated promotions, midnight sale, dan loyalty programs terintegrasi juga digencarkan untuk tidak hanya menarik kunjungan tetapi juga mendorong konversi belanja.
Lebih jauh, sinergi antar elemen dalam superblok PWON yang mengintegrasikan mal, hotel, dan ruang publik menjadi pembeda utama dalam memberikan pengalaman yang lebih lengkap bagi pengunjung.
“Dengan kombinasi strategi tersebut, kami optimistis dapat menjaga momentum kunjungan dan meningkatkan aktivitas belanja konsumen menjelang puncak liburan akhir tahun, meskipun kompetisi diskon di pasar ritel semakin intens,” pungkas Ivy.
Hingga akhir tahun, Ivy menaksir okupansi mal PWON bakal bergerak stabil di kisaran 95% hingga mendekati 100%.
Selanjutnya: Tingkatkan Penetrasi di Pasar Kuliner Indonesia, SUSHIRO Buka Gerai ke-10
Menarik Dibaca: Catat, Ini Pameran yang Diselenggarakan 2026 dari Kuliner Hingga Printing
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News













