kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pabrik Suzuki Cikarang di tahap akhir untuk ekspor perdana All New Ertiga


Sabtu, 15 September 2018 / 09:01 WIB
Pabrik Suzuki Cikarang di tahap akhir untuk ekspor perdana All New Ertiga


Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Suzuki All New Ertiga bersiap menjajal pasar ekspor. Setelah diluncurkan secara global pada bulan April lalu, rencananya Suzuki akan mengekspor Suzuki All New Ertiga ke 29 negara mulai bulan September 2018. Hal ini sesuai dengan arahan dari Suzuki Motor Corporation (SMC).

Donny Ishmi Sahputra, Marketing Director 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menjelaskan pabrik Suzuki di Cikarang sedang menuju tahap akhir persiapan ekspor perdana All New Ertiga dan gelombang pertama akan dilakukan untuk Filipina dan Meksiko. 

Tujuan ekspor sepanjang September 2018 sampai Maret 2019 dengan total 29 negara dan Untuk target ekspornya mencapai sebesar 12.000 unit.. Gelombang pertama pengiriman akan ditujukan untuk Filipina dan Meksiko.

"Tak hanya negara Asia, pasar di Amerika Latin juga kami sasar. Pertumbuhan penjualan ekspor keseluruhan bisa tumbuh double digit atau lebih tinggi daripada pasar domestik yang single digit," kata Donny kepada Kontan.co.id, Jumat (14/9).

Menurut Donny ada beberapa alasan Suzuki di Indonesia menjadi basis ekspor selain di India dan Jepang. Saat ini Indonesia telah menjadi pilar ketiga bisnis Suzuki secara global.

Selain itu secara harga jual sudah kompetitif. Mengingat saat ini Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dalam mobil Suzuki sudah tinggi. Catatan saja model Ertiga sudah memiliki TKDN 84% dan akan terus ditingkatkan nilai TKDN. "Hal ini karena kita bisa merakit komponen sendiri dan juga bekerja sama dengan supplier komponen lokal," jelasnya.

Kedepannya, Suzuki akan mencoba memproduksi model lain. Saat ini yang masih dijajaki studinya yakni model city car Ignis.

Upaya Suzuki di pasar ekspor roda empat berbuah manis, karena pada semester pertama 2018 Suzuki berhasil meningkatkan ekspor mobil sebesar 11% dengan jumlah 31.759 unit dibandingkan semester pertama tahun 2017, dimana Suzuki mengekspor mobil sebanyak 28.251 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×