Reporter: Dimas Andi | Editor: Khomarul Hidayat
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasar mobil sedan di Indonesia masih kecil bila dibandingkan mobil jenis multipurpose vehicle (MPV) dan sport utility vehicle (SUV).
Namun, pertumbuhan penjualan mobil di segmen sedan tergolong signifikan selama 2023 berjalan.
Mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan wholesales (pabrik ke dealer) sedan nasional tumbuh 36% year on year (yoy) menjadi 7.405 unit pada Januari-September 2023. Pada periode yang sama, penjualan retail (dealer ke konsumen) sedan nasional naik 16% yoy menjadi 6.978 unit.
Pangsa pasar sedan di Indonesia tergolong kecil, yakni hanya 1% untuk kategori wholesales dan 0,9% untuk kategori retail per kuartal III-2023.
Jumlah agen pemegang merek (APM) otomotif yang mencatatkan penjualan sedan bisa dihitung. Sebagian besar adalah pabrikan Eropa seperti BMW dan Mercedes-Benz, kemudian ada Audi dan Morris-Garage. Beberapa merek Jepang juga meramaikan pasar sedan nasional meski porsinya tidak signifikan seperti Toyota, Honda, Lexus, Mazda, dan Subaru.
Baca Juga: Honda Rilis New Honda City, Fitur Makin Banyak
PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) menjadi salah satu APM yang gencar menjual sedan. Secara keseluruhan, penjualan wholesales MBDI naik 13,4% yoy menjadi 2.587 unit per kuartal III-2023. MBDI juga meraih kenaikan penjualan retail 13% yoy menjadi 2.526 unit. Kontribusi sedan terhadap total penjualan MBDI mencapai di atas 40%.
Sales & Marketing Mercedes-Benz Distribution Indonesia Kariyanto Hardjosoemarto menilai, sedan memiliki kelasnya tersendiri yang membuat penjualan produk tersebut selalu tumbuh. Sedan merupakan model yang mengandalkan aerodinamika dan relatif efisien dari segi konsumsi bahan bakar. Selain itu, sedan juga memberikan kesan elegan dan eksklusif bagi para pemiliknya.
"Beberapa model sedan yang menjadi andalan Mercedes-Benz adalah C-Class, E-Class, dan S-Class," ujar dia, Senin (6/11).
Kariyanto percaya, sedan masih memiliki prospek yang menjanjikan pada tahun-tahun mendatang. Mercedes-Benz pun fokus pada aspek kualitas dan mengedepankan best customer experience kepada para konsumen demi memenangkan persaingan pasar sedan.
PT Honda Prospect Motor (HPM) juga memiliki beberapa model sedan seperti Honda Civic, City, dan Accord.
Yusak Billy, Sales Marketing and After Sales Director HPM menyebut, hingga kuartal III-2023 model sedan yang paling laris adalah Honda Civic dengan capaian penjualan retail 700 unit. Honda Civic merupakan sedan legendaris Honda yang telah eksis lebih dari 50 tahun.
Selain menawarkan pengalaman berkedara yang menyenangkan, Honda Civic didukung oleh mesin yang lebih bertenaga dan beragam fitur menarik.
Honda mengakui, sebagian besar konsumen lebih berminat pada MPV atau SUV ketimbang sedan. Konsumen sedan mayoritas adalah masyarakat menengah ke atas yang daya belinya relatif terjaga dan cukup loyal terhadap produk tersebut. Wajar apabila penjualan sedan di Indonesia terus tumbuh. "Saat ini sedan memang sangat segmentif, namun memiliki konsumen yang loyal," tutur Billy, Senin (6/11).
Untuk memperkuat penjualan sedannya, HPM telah merilis varian baru New Honda City yang tampil lebih stylish dan telah disematkan fitur keselamatan Honda Sensing.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News