kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,59   -6,37   -0.64%
  • EMAS998.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Pedagang daerah berburu mobil bekas


Jumat, 20 Mei 2016 / 12:35 WIB
Pedagang daerah berburu mobil bekas


Reporter: Juwita Aldiani | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. Saat penjualan mobil baru lesu, penjualan mobil bekas justru dalam kondisi sebaliknya. Menjelang Ramadan, penjualan mobil bekas khususnya segmen berpenumpang atau multi purpose vehicle (MPV) justru banyak dicari.

Herjanto Kosasih, Senior Manager Marketing Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua bilang, banyak pedagang mobil bekas juga mencari mobil MPV untuk dijual lagi. Kebanyakan pedagang itu pengusaha mobil bekas di daerah.

Alhasil, kenaikan permintaan mobil bekas khususnya low MPV diproyeksikan naik ke atas 3.200 unit per bulan. "Awal bulan kami sudah berhasil menjual 2.500 unit," kata Herjanto kepada KONTAN pada Kamis (19/05).

Padahal, bulan-bulan sebelumnya penjualan low MPV bekas di Bursa mobil WTC Mangga Dua sulit mencapai 3.000 unit per bulan. “Melihat permintaan sampai akhir Mei penjualan low MPV ini bisa 3.700 unit,” kata Herjanto.

Adapun mobil low MPV bekas yang paling banyak dicari adalah Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Tak hanya karena momentum Ramadan dan Lebaran saja, kenaikan penjualan mobil bekas low MPV juga didorong oleh maraknya bisnis transportasi berbasis online.

Herjanto menjelaskan, pembeli mobil bekas mereka yang menggunakan mobilnya untuk bisnis transportasi online bisa mencapai 100-200 unit.

Kenaikan pesanan mobil bekas menjelang Ramadan juga dirasakan diler mobil bekas Mobil 88. Halomoan Fischer Lumbantoruan, Chief Operating Officer (CFO) Mobil 88 bilang, saat ini tren kenaikan penjualan mobil bekas bisa 15%. " Sebanyak 40% sampai 50% didominasi low MPV," kata Fischer kepada KONTAN, Kamis (19/05).

Selain itu, mobil bekas yang banyak diincar adalah mobil city car dan mobil low cost green car (LCGC) seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla, dan Toyota Yaris. Fischer bilang, tahun ini Mobil 88 membidik penjualan 25.000 unit.

Adapun, rata-rata penjualan Mobil 88 sampai April tercatat 1.500 unit per bulan, atau sekitar 6.000 unit sepanjang Januari-April. Layaknya mobil baru, pembelian mobil bekas banyak yang menggunakan fasilitas kredit kendaraan bermotor (KKB).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×