kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.608.000   1.000   0,06%
  • USD/IDR 16.175   100,00   0,61%
  • IDX 7.192   -40,16   -0,56%
  • KOMPAS100 1.062   -2,93   -0,27%
  • LQ45 838   -5,59   -0,66%
  • ISSI 215   0,63   0,29%
  • IDX30 431   -3,36   -0,77%
  • IDXHIDIV20 515   -2,86   -0,55%
  • IDX80 121   -0,43   -0,36%
  • IDXV30 124   -0,12   -0,09%
  • IDXQ30 141   -1,02   -0,72%

Pelindo Multi Terminal Layani 630.479 Penumpang di Periode Nataru 2024-2025


Jumat, 24 Januari 2025 / 12:24 WIB
Pelindo Multi Terminal Layani 630.479 Penumpang di Periode Nataru 2024-2025
ILUSTRASI. Pelindo Multi Terminal (SPMT) mencatat trafik penumpang yang diangkut sebanyak 630.479 orang pada momen Nataru 2024-2025 atau periode 10 Desember 2024-9 Januari 2025


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo melalui Subholding PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) mencatat trafik penumpang yang diangkut sebanyak 630.479 orang pada momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025. 

Jumlah tersebut merupakan total trafik yang berlangsung selama periode H-15 hingga H+15 (10 Desember 2024 – 9 Januari 2025) di seluruh terminal yang dikelolanya. 

Finan Syaifullah, Sekretaris Perusahaan SPMT menuturkan SPMT sebagai subholding yang mengelola terminal nonpetikemas di Indonesia yang meliputi: terminal curah cair, curah kering, multipurpose hingga terminal penumpang. Saat ini ada delapan branch SPMT yang mengelola terminal penumpang yakni: Tanjungpinang, Sibolga, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Emas, Gresik, Lembar,  Bima, dan Parepare. 

“Dalam menghadapi periode Nataru ini, SPMT memastikan kesiapan layanan, personel, dan fasilitas di terminal penumpang yang dikelolanya sehingga dapat berjalan dengan optimal.  Kelancaran layanan arus penumpang Nataru ini dapat berjalan dengan baik berkat hasil sinergi dari seluruh pihak yang terlibat di lingkungan pelabuhan, termasuk dukungan dan kepercayaan dari masyarakat yang memilih angkutan transportasi laut,” ujarnya, Jumat (24/1). 

Berdasarkan hasil pemantauan, Branch Tanjungpinang mencatatkan angka trafik penumpang yang tersibuk yang dilayani oleh SPMT. Dengan dua terminal yang dikelolanya yakni Sri Bintan Pura dan Sei Kolak Kijang mencatatkan pertumbuhan positif sebesar 4,19%. 

Total penumpang pada periode Nataru tahun ini meningkat menjadi 227.054 orang, dibandingkan tahun sebelumnya, 217.933 orang. 

Terminal Sri Bintan Pura ini melayani rute domestik menuju Batam, Pulau Dabok Daik, Lingga Serasan, Dumai, Selat Panjang, Tanjung Balai Karimun dan sejumlah pulai lainnya di wilayah Provinsi Kepulauan Riau. 

Selain melayani rute domestik, juga menjadi pintu gerbang rute internasional menuju Tanah Merah - Singapura dan Stulang Laut - Malaysia. 

"Penyelenggaraan layanan selama Nataru ini akan menjadi bahan evaluasi dan pembelajaran bagi kami untuk terus meningkatkan layanan agar bisa berjalan lebih baik dan lancar di masa mendatang. Tentunya hal ini dilakukan sebagai komitmen SPMT yang terus berupaya untuk memberikan keamanan dan kenyamanan dalam melayani masyarakat yang menggunakan transportasi laut,” tutup Finan.

Selanjutnya: Apa Arti Purge dalam Politik? Ini Makna, Tujuan dan Contoh Peristiwa dalam Sejarah

Menarik Dibaca: 4 Manfaat Olahraga untuk Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Bond Voyage Mastering Strategic Management for Business Development

[X]
×