kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah siapkan Rp 70,1 triliun untuk dukung industri, ini kata pengusaha mamin


Rabu, 01 April 2020 / 15:29 WIB
Pemerintah siapkan Rp 70,1 triliun untuk dukung industri, ini kata pengusaha mamin
ILUSTRASI. penjualan makanan minuman ringan mamin di gerai ritel minimarket mini market Indomaret. Pemerintah anggarkan Rp 70,1 triliun untuk dukung industri domestik di tengah pandemi wabah corona. REUTERS/Willy Kurniawan


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman se-Indonesia (Gapmmi) menilai langkah pemerintah untuk mengatasi dampak Covid-19 dengan menambah Belanja dan Pembiayaan APBN 2020 sebesar Rp 70,1 triliun untuk industri, bisa mengurangi beban pengusaha makanan minuman. 

Ketua umum Gapmmi, Adhi S Lukman menjelaskan dukungan pemerintah untuk industri dengan melakukan penambahan belanja dan pembiayaan anggaran sebesar Rp 70,1 triliun akan berdampak positif ke pelaku usaha mamin. 

Baca Juga: Penuhi pasokan masyarakat saat pandemi, Kemenperin jaga produktivitas industri mamin

Lebih rinciannya Rp 70,1 triliun termasuk Rp 52 triliun pajak dan bea masuk ditanggung pemerintah (DTP) untuk Pph Pasal 21 dan PPN, Rp 12 triliun untuk bea masuk, dan Rp 6,1 triliun untuk penundaan pembayaran pokok dan bunga semua skema KUR yang terdampak Covid selama 6 bulan. 

"Langkah yang diambil pemerintah sangat baik karena sekarang tidak lagi bicara untung rugi, tetapi saling membagi beban (sharing the burden)," jelasnya kepada Kontan.co.id, Rabu (1/4). 

Bisa dibilang mewabahnya Covid-19 menurut Adhi membuat dunia usaha tiba-tiba ambruk karena sebagian terhenti dan industri yang jalan pasti  menanggung rugi karena beban yang berlebihan. 

Adapun langkah pemerintah dinilai bisa memulihkan ekonomi serta efektif mengurangi beban yang ditanggung pelaku usaha. Namun, sejauh ini Adhi mengakui belum tahu seberapa besar kebijakan ini akan menekan beban pengusaha mamin. 

Baca Juga: Mulai hari ini McDonald’s menutup sementara layanan makan di tempat

"Kami  masih fokus mitigasi rencana agar bisa terus jalan mendukung ketersediaan pangan. Jadi masih  memastikan bahan baku dan hal lainnya," kata Adhi. 




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×