kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah targetkan ekspor perhiasan capai US$ 3 miliar


Kamis, 19 April 2018 / 15:11 WIB
Pemerintah targetkan ekspor perhiasan capai US$ 3 miliar
ILUSTRASI. Perajin Membuat Perhiasan Bros Berbahan Perak


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Industri perhiasan di Indonesia mengalami pertumbuhan yang cukup pesat, ditandai dengan meningkatnya nilai ekspor logam mulia, batu permata, dan perhiasan.

“Pada 2017, nilai ekspor perhiasan mencapai US$ 2,6 miliar. Dan tentunya dengan didukung sentuhan teknologi serta inovasi maka kemajuan sektor industri perhiasan diharapkan akan semakin meningkat. Targetnya tahun ini bisa tembus angka US$ 3 miliar," jelas Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih pada Kamis (19/4).

Lanjut Gati, pasar tujuan ekspor terbesar industri perhiasan Indonesia adalah Dubai lalu Eropa. Gati mengaku pihaknya tengah membidik pasar Sri Lanka, lantaran Sri Lanka selama ini memasok produk industri perhiasan Indonesia ke Dubai.

Guna memperluas akses pasar, Kemperin gelar Jakarta International Jewellery Fair 2018 yang diselenggarakan oleh Asosiasi Perhiasan Emas dan Permata Indonesai (APEPI) pada 19-22 April 2018 di Jakarta Convention Center.

Kemperin melalui Ditjen IKM memfasilitasi 30 IKM perhiasan untuk ikut serta dalam Jakarta International Jewellery Fair 2018 yang terdiri dari IKM perhiasan mutiara, perak, giok aceh, batu-batuan, aksesories pengantin, serta aksesoris khas daerah.

IKM perhiasan tersebut berasal dari Nusa Tenggara Barat, Sumatera Selatan, D.I. Yogyakarta, Bali, Aceh, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jakarta, dan Sumatera Selatan.

Gati mengatakan Kemperin telah melakukan upaya menurunkan tarif bea masuk impor untuk bahan baku intan yang awalnya 5% menjadi 0% dan Pembebasan Tarif Bea Masuk Atas Barang Impor.

“Hal ini kami upayakan untuk terus meningkatkan nilai tambah dan daya saing industri perhiasan dalam menghadapi persaingan global,” jelas Gati.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×