kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.970.000   24.000   1,23%
  • USD/IDR 16.319   -22,00   -0,13%
  • IDX 7.469   124,49   1,70%
  • KOMPAS100 1.044   14,12   1,37%
  • LQ45 790   8,31   1,06%
  • ISSI 251   6,62   2,71%
  • IDX30 409   4,38   1,08%
  • IDXHIDIV20 473   6,01   1,29%
  • IDX80 118   1,61   1,38%
  • IDXV30 122   3,33   2,82%
  • IDXQ30 131   1,50   1,16%

Pengeluaran Hiburan Kelas Atas Tumbuh Pasca Pandemi


Rabu, 23 Juli 2025 / 22:18 WIB
Pengeluaran Hiburan Kelas Atas Tumbuh Pasca Pandemi
ILUSTRASI. Lembaga riset Lokadata mencatat, terjadi peningkatan konsumsi hiburan di masyarakat kelas atas (upper) dalam 5 tahun dari sebelum pandemi tahun 2019 hingga pasca pandemi tahun 2024.


Reporter: Lydia Tesaloni | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lembaga riset Lokadata mencatat, terjadi peningkatan konsumsi hiburan di masyarakat kelas atas (upper) dalam 5 tahun dari sebelum pandemi tahun 2019 hingga pasca pandemi tahun 2024. Sementara itu, tren di masyarakat kelas menengah (middle) dan bawah (lower) cenderung landai. 

Lokadata melakukan survei bersama Badan Pusat Statistik (BPS) terhadap sekitar 12.000 rumah tangga di Indonesia. Hasilnya, dalam 5 tahun rata-rata pengeluaran tahunan keluarga kelas upper 1 untuk hiburan selain liburan naik 25% pada 2024 ke level Rp 1,5 juta. Pun pada keluarga kelas upper 2 tercatat naik 20% menjadi Rp 600.000 pada periode yang sama.

Sementara itu, rata-rata pengeluaran tahunan keluarga kelas middle 1, middle 2, lower 1, dan lower 2 untuk hiburan selain liburan kompak stagnan, masing-masing di level Rp 300.000, Rp 200.000, dan Rp 100.000. 

Chief Data Officer Lokadata Suwandi Ahmad menyebut, saat ini memang terjadi pergeseran perilaku dalam masyarakat. Salah satu contoh ekstrem yang disebutkannya adalah belanja tiap rumah tangga untuk pembelian protein ternyata hanya seperlima dari kebutuhan pembelian pulsa. 

Baca Juga: Bisnis F&B dan Hiburan Mampu Bertahan di Pusat Perbelanjaan

“Yang penting terhubung. Kalau dulu masyarakat Indonesia banyak berputar di kebutuhan pokok seperti makanan, saat ini rasionya dengan yang non-makanan makin seimbang,” paparnya dalam forum media di Jakarta, Rabu (23/7). 

Sejalan dengan itu, pengeluaran tahunan keluarga mayoritas kelas untuk liburan dan peraduan (tempat istirahat) juga meningkat. 

Untuk transportasi darat, pengeluaran keluarga upper 1 tumbuh 24% menjadi Rp 2,6 juta, sementara keluarga upper 2, middle 1, middle 2, lower 1, dan lower 2 kompak stagnan masing-masing di level Rp 1,2 juta, Rp 700.000, Rp 500.000, dan Rp 200.000.

Lalu untuk transportasi udara, pengeluaran keluarga upper 1 tumbuh 67% menjadi Rp 12,7 juta, upper 2 tumbuh 55% menjadi Rp 7,6 juta, middle 1 tumbuh 27% menjadi Rp 4,7 juta, middle 2 tumbuh 24% menjadi Rp 3,1 juta, dan lower 1 tumbuh 20% menjadi Rp 1,2 juta. Namun, pengeluaran keluarga lower 2 stagnan di level Rp 600.000.

Baca Juga: Gaprindo: Larangan Merokok di Klub Hambat Industri Rokok dan Pengusaha Hiburan

Untuk transportasi laut, pengeluaran keluarga upper 1 tumbuh 25% menjadi Rp 1,8 juta, upper 2 tumbuh 20% menjadi Rp 1,2 juta, middle 1 tumbuh 16% menjadi Rp 700.000, serta lower 1 dan lower 2 kompak tumbuh 50% menjadi Rp 400.000. Lalu, pengeluaran keluarga middle 2 stagnan di level Rp 500.000.

Kemudian untuk tempat istirahat seperti hotel, motel, atau penginapan, pengeluaran keluarga upper 1 tumbuh 20% menjari Rp 4,7 juta, dan upper 2 tumbuh 5% menjadi Rp 2,2 juta. Sementara pengeluaran keluarga middle 1 dan lower 2 turun masing-masing sebesar 25% menjadi Rp 800.000 dan 400% menjadi Rp 100.000, sementara pengeluaran middle 2 dan lower 1 kompak stagnan masing-masing di level Rp 600.000 dan Rp 200.000.

Suwandi menilai, saat ini segmen hiburan dan wisata memang didominasi dengan segmen middle to upper (menengah ke atas). “Sehingga, pendekatan yang lebih premium akan lebih relevan,” pungkasnya. 

Baca Juga: Pemprov Jakarta Perluas Objek Pajak Hiburan, Fasilitas Olahraga Ini Dikenakan Pajak

Selanjutnya: Hingga Paruh Pertama Tahun Ini, Askrindo Syariah Catat Kenaikan Laba 5,11%

Menarik Dibaca: Fitur Lifestyle Hadir di PLN Mobile, Perluas Layanan ke Ranah Hiburan dan Gaya Hidup

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
[Intensive Workshop] AI-Driven Financial Analysis Executive Finance Mastery

[X]
×