kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penggembang: Harga properti masih akan stagnan di semester II-2020


Rabu, 24 Juni 2020 / 19:10 WIB
Penggembang: Harga properti masih akan stagnan di semester II-2020
ILUSTRASI. Pembangunan perumahan. KONTAN/Baihaki


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pengembang menilai harga pasar properti masih akan stagnan di semester II-2020. Sebabnya, kendati telah memasuki 'new normal' pasar belum akan pulih sepenuhnya.

Direktur PT Metropolitan Land Tbk Olivia Surodjo menilai dengan dibukanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tentunya akan memberikan peningkatan penjualan di semester II nanti. "Harusnya penjualan meningkat dibanding semester 1 tapi masih di bawah semester 2 tahun lalu karena masih banyak ketidakpastian saat ini," ujarnya kepada kontan.co.id, Selasa (23/6).

Baca Juga: Kenormalan baru, harga properti diprediksi masih stagnan

Terlebih pada Maret hingga Mei lalu disebutnya pasar sangat sunyi. Sayangnya, ia belum bisa memastikan potensi peningkatan di masa new normal ini dengan kondisi yang juga belum pasti.

Yang jelas, Olivia memprediksikan harga properti masih akan tertahan. Sebelumnya, Kenaikan Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) versi Bank Indonesia pada kuartal I-2020 mencatat sebesar 1,68% (YoY). Angka tersebut lebih rendah ketimbang periode sebelumnya 1,77% (YoY).

Terkait permintaan, ia menyebutkan tergantung lokasi seperti produknya di Metland Puri untuk harga di bawah Rp 2 miliar minat konsumen masih cukup tinggi. "Kalau lokasi kami yang lain, yang di bawah Rp 1 miliar yang masih jalan," terangnya.

Senada, Head of Investor Relations & Corporate Finance Ciputra Development Aditya Ciputra Sastrawinata menyebutkan masih memonitor kondisi pasar. Karenanya, ia belum memproyeksikan pertumbuhan di semester II nanti.

Baca Juga: Bantu penanganan Covid-19 Jatim, Lippo Karawaci (LPKR) sumbangkan 25.000 APD

Ia mengaku pada kuartal II-2020 sendiri dari sisi marketing sales ada tren positif secara month on month. Menurutnya, dari April ke Mei sudah ada pertumbuhan. Kemudian, berdasar data internal di Juni ini pihaknya juga memperkirakan akan ada pertumbuhan dibandingkan bulan Mei.

"Walaupun tentunya pertumbuhannya masih negative kalau kami bandingkan dengan periode sebelum pandemi virus corona secara year-on-year. Namun, kami melihat tren positif month-on-month ini menunjukkan tanda tanda yang menjanjikan," tuturnya saat dihubungi secara terpisah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×