kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penjualan segmen MPV masih kokoh


Jumat, 03 Januari 2020 / 20:32 WIB
Penjualan segmen MPV masih kokoh
ILUSTRASI. Sejumlah pengunjung terlihat antusias dalam mengikuti test drive pada ajang Gaikindo Indonesia International Show (GIIAS) 2019. Segmen MPV masih mendominasi penjualan kendaraan roda empat


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Musim hujan yang membuka tahun 2020 diperkirakan dapat mempengaruhi preferensi pembeli dalam memilih mobil yang ingin dibeli di kuartal pertama. 

Business Innovation and Sales & Marketing Director Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, dengan kondisi musim hujan dapat mendorong pembeli untuk lebih memilih mobil dengan ground clearance yang lebih tinggi untuk mengantisipasi genangan air. 

“Biasanya dengan curah hujan seperti ini konsumen akan memilih jenis sport utility vehicle (SUV),” kata dia kepada Kontan.co.id, Jumat (3/1).

Baca Juga: Potensi penjualan SUV melaju deras di musim hujan

Senada Four Wheels (4W) Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra bilang, dengan kondisi medan di jalanan yang mulai banyak genangan berpengaruh terhadap preferensi pembeli. 

Tetapi Doddy masih melihat segmen kendaraan multiguna alias multi purpose vehicle (MPV) masih tetap mendominasi penjualan ritel Suzuki untuk segmen kendaraan penumpang atawa passengger car di triwulan pertama tahun ini. 

Setali tiga uang, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor,Amelia Tjandra memperkirakan, segmen MPV masih akan menjadi segmen dengan kontribusi terbesar dalam penjualan ritel Daihatsu di periode Januari hingga Maret ini.

Dalam hal ini, budaya masyarakat Indonesia yang cenderung gemar berkumpul dan mengadakan acara keluarga dilihat sebagai faktor utama yang menyebabkan supremasi MPV dalam penjualan ritel Daihatsu.

Baca Juga: Musim hujan hambat penjualan ritel kendaraan roda empat

“Budaya mangan ora mangan asal ngumpul masih kental, jadi waktu beli mobil orang Indonesia biasanya pilih mobil yang bisa muat banyak,” ungkap Amelia. 

Asal tahu saja, segmen MPV memang menjadi penyumbang terbesar dalam penjualan ritel Daihatsu. Sebagai gambaran, dalam 10 bulan pertama 2019 saja, penjualan segmen MPV Daihatsu memiliki kontribusi 41,9%  dalam total penjualan ritel Daihatsu. Rinciannya, Xenia sebanyak 12,8% dan Sigra mencapai 29,1%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×