kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45945,58   -16,27   -1.69%
  • EMAS984.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Perluas jaringan, 3 Indonesia bangun BTS 4G di 70 desa terpencil


Rabu, 13 Oktober 2021 / 10:29 WIB
Perluas jaringan, 3 Indonesia bangun BTS 4G di 70 desa terpencil
ILUSTRASI. 3 Indonesia memperluas jaringan dan menyelesaikan penyebaran BTS 4G di 70 desa terpencil lebih cepat dari yang telah ditargetkan pada tahun 2021.


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Operator telekomunikasi 3 Indonesia memperluas jaringannya dengan membangun BTS 4G di 70 desa terpencil. Desa-desa tersebut tersebar di provinsi Aceh, Sumatra Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Secara rinci, jumlah kelurahan/desa di provinsi Aceh yang telah memperoleh jaringan 3 Indonesia adalah sebanyak empat kelurahan/desa, Sumatra Utara 12 kelurahan/desa, Kalimantan Barat 30 kelurahan/desa, Kalimantan Selatan 6 kelurahan/desa, Kalimantan Tengah 13 kelurahan/desa, Kalimantan Timur empat kelurahan/desa, dan Kalimantan Utara satu kelurahan/desa. Kabupaten Sanggau di Kalimantan Barat dan kabupaten Tapanuli Selatan di Sumatera Utara termasuk di antara kabupaten yang desanya telah terhubung ke jaringan broadband 4G dari 3 Indonesia.

Chief Technical Officer 3 Indonesia Desmond Cheung mengatakan, 3 Indonesia telah menyelesaikan pembangunan BTS 4G di 70 desa terpencil lebih cepat dari target tahun 2021. "Kami akan terus menghadirkan jaringan 4G di lebih dari 300 desa terpencil lainnya pada tahun 2022," ungkap Desmond dalam siaran pers, Selasa (12/10).

Baca Juga: Frekuensi hasil merger industri telekomunikasi harus ada evaluasi Kominfo dan KPPU

Menurut dia, penyebaran BTS 4G di daerah-daerah terpencil ini menunjukkan komitmen 3 Indonesia dalam mendukung program pemerintah untuk menyediakan konektivitas mobile broadband 4G di seluruh penjuru Indonesia. "Didukung oleh jaringan 3 Indonesia yang luas dan kuat, masyarakat di pelosok desa-desa kini dapat menikmati konektivitas internet yang menghubungkan mereka dengan dunia digital," ucap Desmond.

Kondisi ini akan memungkinkan penduduk desa untuk mengakses informasi berlimpah yang tersedia di internet dan meningkatkan literasi digital. Penduduk desa juga dapat membuka lebih banyak peluang untuk menciptakan dan mengembangkan potensi ekonomi desa melalui ekonomi digital yang nantinya akan meningkatkan pendapatan desa.

Sebagai informasi, 3 Indonesia merupakan salah satu penyedia layanan telekomunikasi seluler di Indonesia yang mengoperasikan jaringan nasional berlisensi 2G, 3G/WCDMA, dan 4G LTE GSM. Jaringan 3 didukung teknologi 4.5G Pro yang lebih luas dan kuat di lebih dari 37.000 desa di Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, Bali, dan Lombok  melalui fiber optic yang membentang sepanjang 16.000 kilometer.

Baca Juga: Lintasarta bersama konsorsium Huawei turut ikut bangun BTS 4G di Papua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×