kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.235.000   -2.000   -0,09%
  • USD/IDR 16.633   -23,00   -0,14%
  • IDX 8.071   27,26   0,34%
  • KOMPAS100 1.115   1,03   0,09%
  • LQ45 783   -1,20   -0,15%
  • ISSI 284   1,67   0,59%
  • IDX30 411   -0,03   -0,01%
  • IDXHIDIV20 466   -1,32   -0,28%
  • IDX80 123   0,18   0,14%
  • IDXV30 133   -0,24   -0,18%
  • IDXQ30 130   0,01   0,01%

Persaingan Bisnis Semakin Ketat, Inovasi Menjadi Kunci Menarik Konsumen


Kamis, 02 Oktober 2025 / 21:28 WIB
Persaingan Bisnis Semakin Ketat, Inovasi Menjadi Kunci Menarik Konsumen
ILUSTRASI. Karyawan menawarkan barang dagangan melalui siaran langsung atau Live Shopping di salah satu mal di Kudus, Jawa Tengah, Kamis (12/10/2023). Penjualan melalui siaran langsung dengan memperagakan dan mengulas suatu produk yang disiarkan melalui aplikasi perdagangan elektronik atau situs e-commerce itu menjadi alternatif untuk menaikkan omzet penjualan ditengah menurunnya penjualan secara langsung. ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/Spt.


Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Di tengah perubahan global yang berlangsung begitu cepat, pelaku bisnis Indonesia dituntut terus beradaptasi dengan tren, inovasi, dan pola konsumsi baru yang muncul di berbagai belahan dunia. Maka, OMG Consulting dan Trendwatching - firma tren konsumendi dunia sejak 2002 - menghadirkan Trend Maker Summit 2025.

Ajang ini merupakan ruang inspirasi dan pembelajaran bagi para pemimpin industri. Konferensi ini akan digelar di Jimbaran, Bali pada 27-28 November 2025.

Pendiri OMG Consulting, Yoris Sebastian mengungkapkan, Trend Maker Summit 2025 juga menjadi ajang bagi perusahaan-perusahaan Indonesia yang telah berhasil menciptakan inovasi nyata, memberikan dampak positif, dan menunjukkan daya saing di tingkat nasional maupun internasional. Selain itu, ajang ini juga sekaligus merayakan tren dan inovasi dari Indonesia.

Konferensi ini menjadi wadah pertemuan, keahlian global berpadu dengan peluang lokal, memungkinkan bisnis, pembuat kebijakan, dan inovator untuk memahami dan bertindak atas kekuatan yang membentuk masa depan,” ujar Yoris dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (2/10). 

Baca Juga: Bikin Pupuk Booster Silika Geothermal, PGEO Bikin Inovasi Program Ketahanan Pangan

Yoris menambahkan, Trend Maker Summit merupakan konferensi pertama di Indonesia yang merayakan inovasi  merek lokal. Ia memprediksi, di tingkat global tahun 2026 menjadi krusial.

Konsumen akan semakin menuntut solusi yang tidak hanya praktis dan berorientasi digital, tetapi juga berkelanjutan, inklusif, dan relevan secara budaya. Maka, bisnis dan pembuat kebijakan yang memahami pergeseran masa depan ini akan memperoleh keunggulan kompetitif dalam membangun kepercayaan, loyalitas, dan dampak jangka panjang.

novasi berdampak positif besar terhadap bisnis dengan meningkatkan daya saing, memungkinkan perusahaan menciptakan produk dan layanan unik untuk membedakan diri dari pesaing. Inovasi juga mendorong pertumbuhan bisnis dengan menemukan peluang pasar baru, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan pendapatan serta profitabilitas.

"Selain itu, inovasi meningkatkan efisiensi operasional melalui proses yang lebih baik dan otomatisasi, yang pada akhirnya dapat mengurangi biaya,” jelas Yoris.

Merek-merek lokal harus terus melakukan inovasi yang terus menerus agar bisa tetap bertahan menghadapi persaingan di lokal dan juga global. Karena itu, Trend Maker Summit 2025 merupakan ajang  bagi merek lokal untuk menunjukkan keberhasilan mereka dalam melakukan inovasi yang berkelanjutan.

Selanjutnya: Asing Net Sell Jumbo Rp 1,42 Triliun, Intip Saham-Saham yang Banyak Dilepas

Menarik Dibaca: Jadi Tren, Ini 6 Manfaat Olahraga Padel untuk Wanita

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Pre-IPO : Explained

[X]
×