kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Persaingan data center semakin ketat, ini langkah dan strategi Telkomsigma


Senin, 20 September 2021 / 17:52 WIB
Persaingan data center semakin ketat, ini langkah dan strategi Telkomsigma
ILUSTRASI. Logo Telkomsigma


Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Percepatan digitalisasi mendorong peran data center menjadi semakin penting sebagai infrastruktur operasi sektor digital berbasis cloud. Terlebih lagi, Indonesia menjadi hotspot pasar data center di Asia Tenggara. Sehingga berbagai kalangan  mendirikan data center di Indonesia. 

Direktur Business & Sales Telkomsigma, Tanto Suratno menyatakan, dalam memilih data center, penting memastikan track record provider, melihat aspek keahlian dan pengalaman. 

“Lebih baik jika provider (data center) didukung  praktisi ahli bersertifikasi untuk mengoperasikan dan mengelola data center secara best practice dan mengacu pada standar internasional,” ujar Tanto, dalam rilis yang diterima Kontanh.co.id, Senin (20/9). 

Per tahun 2021, Telkomsigma melakukan pembaruan sertifikasi data center. Salah satunya perpanjangan sertifikat Tier III Operation (TCOS) level Gold dari Uptime Institute hingga  tahun  2024.

Adanya sertifikat Tier III Operation menjamin operasi data center yang dikelola secara terstruktur dan telah melalui tahapan assessment serta audit pada aspek operasi, software, infrastruktur, SDM, dan berbagai komponen lain. Sehingga menjamin operasi data center agar terhindar dari potensi downtime yang tak terduga.

Dalam rilis itu menjelaskan, sertifikat Tier III Operation yang hingga kini masih menjadi satu-satunya yang tersedia di Indonesia. Data center Telkomsigma mampu melakukan proses production non-stop secara maksimal dengan didukung oleh keberadaan fasilitas disaster recovery yang andal. Telkomsigman sendiri sudah lebih dari 20 tahun sebagai pemain data center di Indonesia.

Tekomsigma saat ini tengah memegang tata kelola bagi 18 internet data center TelkomGroup (neuCentriX) dan tiga enterprise data center yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Per tahun 2021, lebih dari 300 pelanggan segmen enterprise, pemerintahan, startup, dan termasuk 60% d iantaranya sektor perbankan dan finansial berada dalam cakupan operasional data center Telkomsigma.

Di tengah ketatnya persaingan bisnis data center, Telkomsigma memperoleh penghargaan The Best in Building and Managing Corporate Image” untuk kategori data center dalam ajang Corporate Image Award 2021. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×