Reporter: Fitri Nur Arifenie |
JAKARTA. PT Pertamina (Persero) tak gentar menghadapi kompetisi penjualan BBM non-subsidi di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) miliknya.
Vice President Communication Pertamina, Basuki Trikora Putra menyatakan, pihaknya masih optimis dan Pertamina akan tetap menguasai pangsa pasar meskipun ada beberapa pemain lainnya seperti Petronas, Shell, Total dan AKR. Apalagi, Pertamina akan meningkatkan pelayanan lebih baik lagi.
Menurut Basuki, pertumbuhan penjualan BBM non subsidi bergerak lamban ketimbang pertumbuhan BBM subsidi.
Untuk penjualan BBM subsidi, kata Basuki, Pertamina memproyeksikan adanya penjualan lebih dari kuota yang ditetapkan oleh pemerintah selama semester I 2010. Ia menghitung adanya kenaikan konsumsi untuk premium dan solar masing-masing sekitar 10% hingga 15%.
"Untuk BBM nonsubsidi memang belum optimal karena memang orang cenderung memilih BBM subsidi. Selain itu juga karena pasar bahan bakar juga diisi oleh pemain lain. Namun, kita masih optimis, pangsa pasar pertamina untuk BBM non subsidi mencapai 90%," imbuh Basuki.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News