kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertamina: Overseas Oil and Gas tak jadi gandeng Cosmo Oil bangun kilang Balikpapan


Senin, 10 Desember 2018 / 17:06 WIB
Pertamina: Overseas Oil and Gas tak jadi gandeng Cosmo Oil bangun kilang Balikpapan
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati bersama direksi


Reporter: Febrina Ratna Iskana | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Pertamina (Persero) akhirnya hanya bermitra dengan Overseas Oil and Gas LLC (OOG) untuk proyek kilang Bontang.

Tidak ada nama Cosmo Oil International Pte Ltd (COI) dalam penandatanganan perjanjian Framework Agreement kilang berkapasitas 300.000 barrel per hari dan Petrokimia di Bontang, Kalimantan Timur tersebut.

Padahal pada 30 Januari 2018 lalu, Pertamina telah menunjuk perusahaan minyak asal Oman yakni Overseas Oil and Gas LLC (OOG) untuk pembangunan kilang Bontang.

OOG menggandeng perusahaan trading Cosmo Oil International Pte Ltd (COI) yang merupakan trading arm Cosmo Energy Group (salah satu perusahaan pengolahan minyak Jepang) sebagai calon mitra.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati menjelaskan pemilihan mitra untuk proyek kilang Bontang memang telah dilakukan sejak tahun lalu. Pemilihan OOG sebagai mitrak karena perusahaan tersebut dianggap memiliki kemampuan finansial dan merupakan perusahaan milik negara.

"Pemilihan OOG dilakukan tahun lalu dan ditetapkan kriteria patner kami yang mempunyai kekuatan finansial dan yang penting ini G to G jadi kami cari state owned company,"kata Nicke pada Senin (10/12).

Sementara terkait keluarnya Cosmo Oil dari proyek Kilang Bontang, Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko, Heru Setiawan bilang OOG punya pertimbangan sendiri untuk tidak lagi menggandeng Cosmo Oil dalam proyek Kilang Bontang. 

"Itu sebenernya internal dari OOG karena itu patner dia, dia punya pertimbangan tersendiri,” ungkap dia.

Biarpun tidak lagi menggandeng Cosmos Oil, Heru bilang OOG akan mencari mitra lain untuk proyek kilang Bontang. Nantinya OOG akan membentuk konsorsium untuk proyek kilang Bontang. "Dia konsorsium, yang ini juga ada kemungkinan dia akan konsorsium ya,"imbuh Heru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×