kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Pertumbuhan pendapatan segmen konsultasi MTDL paling tinggi


Kamis, 22 Agustus 2019 / 19:10 WIB

Pertumbuhan pendapatan segmen konsultasi MTDL paling tinggi
ILUSTRASI. PT Metrodata Electronics


KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL), perusahaan yang bergerak di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) itu membukukan pertumbuhan pendapatan sepanjang semester I 2019.

Berdasar laporan keuangan MTDL, perusahaan  mencatatkan pendapatan bersih Rp 6,16 triliun, naik 18,67% year on year (yoy) dari sebelumnya Rp 5,41 triliun.

Baca Juga: Metrodata (MTDL) terbuka untuk menambahkan alokasi belanja modal

Penjualan MTDL 76,29% atau Rp 4,7 triliun ditopang oleh segmen distribusi. Asal tahu saja, MTDL memiliki tiga segmen bisnis, yakni distribusi, solusi, dan konsultasi. Meskipun berkontribusi besar terhadap pedapatan MTDL, dilihat dari pertumbuhannya, pendapatan paling tinggi justru berasal dari segmen solusi 35,5% yoy. 

Diikuti segmen distribusi yang tumbuh 10,5% yoy. Sayangnya hal yang sama tidak diikuti oleh segmen konsultasi yang justru menurun 17,4% yoy. Walau menurun, menurut Presiden Direktur PT Metrodata Electronics Tbk Susanto Djaja, ke depannya segmen konsultasi akan bertumbuh didorong oleh maraknya digitalisasi informasi. 

Lebih lanjut Susanto menjelaskan, inidustri yang paling banyak melakukan tranformasi ke ranah digital adalah financial service, baik perbankan maupun non-perbankan. Setidaknya, sektor ini berkontribusi sebesar 15% hingga 20% terhadap pendapatan MTDL dari segmen konsultasi.

Baca Juga: Pertumbuhan pendapatan segmen konsultasi MTDL paling tinggi

Lima sektor teratas yang banyak dilayani oleh MTDL adalah financial service telekomunikasi, manufaktur dan distribusi, e-commerce dan digital player, oil and gas mining. Kelima sektor ini dinilai Susanto paling banyak melakukan digitalisasi secara bertahap. Adapun saat ini ada lebih dari 50 klien yang menjalin kerjasama dengan MTDL.

Di semester II, Susanto berharap kinerja MTDL akan lebih baik. Selain karena kondisi pasar yang memang lebih kondusif untuk  dunia usaha, Susanto yakin transformasi ke ranah digital masih akan bertumbuh, sehingga lini bisnisnya masih memiliki peluang.

"Hari ini Informasi Teknologi (IT) adalah sektor yang sangat relevan yang dibutuhkan pembisnis untuk maju dan berkompetisi," katanya lagi. Adapun di semester II Susanto masih yakin segmen distribusi masih akan menjadi penopang pendapatan perusahaan. 

Baca Juga: Metrodata Electronics (MTDL) Susun Strategi Demi Membidik Penjualan Rp 25 Triliun

Asal tahu saja, hingga akhir tahun 2019 perusahaan mematok pendapatan sebesar Rp 14,5 triliun atau setara kurang lebih US$ 1 miliar. 


Reporter: Kenia Intan
Editor: Azis Husaini

Video Pilihan


Close [X]
×