Close | x
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.393
  • EMAS666.000 0,60%
  • RD.SAHAM 0.04%
  • RD.CAMPURAN 0.21%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.04%

Perusahaan harus gesit hadapi perubahan perilaku konsumen

Kamis, 06 September 2018 / 21:47 WIB

Perusahaan harus gesit hadapi perubahan perilaku konsumen
ILUSTRASI. Managing Director iSystem Asia (PT Inter Sistem Asia), Aina Neva Fiati

Berita Terkait

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Banyak riset menemukan adanya perubahan perilaku yang sangat signifikan dari cara konsumen menghabiskan uangnya. Konsumen di Indonesia tidak lagi merasa puas jika sekadar produk saja.

Konsumen telah menjadi pembeli cerdas, yang mencari pengalaman melebihi produk dan jasa yang mereka gunakan. Hal ini disebabkan era teknologi internet memungkinkan mereka meraih informasi.


"Digitalisasi mengubah model bisnis, pola berpikir konsumen, dan lain-lain. Bisnis apapun yang ada akan mengalami disruption di era digital, perusahaan yang bergerak lebih gesit akan memenangkan kompetisi,” kata Managing Director iSystem Asia (PT Inter Sistem Asia) Aina Neva Fiati dalam keterangannya pada Accelerate Bpm’online Global Tour 2018 beberapa waktu lalu. 

Menurutnya begitu besar peran kepemimpinan merespon kondisi ini. Terutama dalam menghasilkan sistem customer relationship management (CRM) yang baik bagi perusahaan. "Ini artinya sistem CRM saat ini bukan semata dipandang dari aspek kecanggihan teknologi semata," tambah Aina.

Acara yang dimoderatori Ananta Dewandhono selaku Senior Partner iSystem Asia dihadiri para pembicara di antaranya Alex Donchuk sebagai Global Channel Director bpm'online, Sales Team Lead for APAC, bpm’online, Mike Hryshenko, Achmad Royhan selaku Vice President of Information Technology PT Citilink Indonesia, Senior Manager CRM and Digital Marketing PT Citilink Indonesia, Andie Ahmad. Selain itu ada Senior IT Consultant, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, Ernawan MBA; IT Manager, PT Hino Finance Indonesia, Antonius Bayu; serta Executive Director, The Nielsen Indonesia, Yongky Susilo.

Dalam pemaparan tersebut ada perubahan perilaku konsumen sebenarnya. Calon pembeli lebih mempertimbangkan rencana pembelian dengan menggunakan logika, seperti soal kebutuhan, harga, kegunaan, daya tahan, merek, komposisi produk dan sebagainya.

“Pada saat shopping, konsumen lebih sering membeli produk lebih banyak dari yang direncanakan atau yang dibutuhkan karena faktor emosional. Mungkin karena warna, keindahan dan sebagainya,” kata Yongky Susilo, Direktur Eksekutif di Nielsen Indonesia.

Ernawan dari WiKA dan Antonius Bayu dari Hino Finance menilai pengalaman dan kesuksesan dalam memanfaatkan teknologi cerdas untuk mendorong bisnis maju melalui era digital.

Sekadar informasi, Accelerate Bpm’online Global Tour 2018 adalah event global menunjuk iSystem Asia sebagai partner penyelenggara. Hal ini karena iSystem Asia adalah pemegang lisensi software bpm'online untuk Indonesia.

Saat ini iSystem Asia berpengalaman menangani industri telekomunikasi, lembaga keuangan perbankan maupun non-perbankan, pelayanan publik, farmasi, otomotif, ritel, properti, perusahaan distribusi, konsultan, dan lain-lain.


Reporter: Yudho Winarto
Editor: Yudho Winarto
Video Pilihan

Tag
TERBARU
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0011 || diagnostic_api_kanan = 0.0517 || diagnostic_web = 0.3102

Close [X]
×