kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PLN akan menyambung listrik gratis pada 1.000 keluarga di Jepara pada kuartal I 2019


Jumat, 08 Februari 2019 / 06:38 WIB
PLN akan menyambung listrik gratis pada 1.000 keluarga di Jepara pada kuartal I 2019


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) meluncurkan program penyambungan listrik gratis bagi 1.000 keluarga tidak mampu di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Didampingi Executive Vice President Regional Jawa Bagian Tengah PLN, Purnomo Jaya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyalakan secara simbolik salah sau rumah warga di Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara, pada Kamis (7/2).

Program ini menyasar masyarakat tidak mampu di 20 desa di Kabupaten Jepara. Purnomo Jaya mengatakan, melalui program CSR PLN Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B, penyambungan ini dimulai sejak bulan November 2018 hingga kuartal I tahun 2019 dengan daya 900 VA. "Hingga saat ini telah tersambung 528 rumah tangga miskin di 10 desa," terangnya melalui keterangan tertulis, Kamis (7/2).

Sepuluh desa itu adalah Tubanan, Kaliaman, dan Kancilan di Kecamatan Kembang. Juga desa Bondo, Wedelan, Banjaragung, Srikandang, dan Papasan di Kecamatan Bangsri. Lalu, ada Tanjung, Kecamatan Pakis Aji dan Blingoh, Kecamatan Donorojo.

Sedangkan 10 desa yang akan disambung adalah Desa Jinggotan, Kecamatan Kembang, Desa Somosari dan Batealit di Kecamatan Batealit. Selain itu juga ada Desa Pancur, Bungu, Bandung dan Pule di Kecamatan Mayong. Juga desa Bategede kecamatan Nalumsari, Menawan kecamatan Gebog, dan Banyuputih di kecamatan Kalinyamatan.

Program pemasangan listrik gratis ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan menambah rasio elektrifikasi di Jawa Tengah. Salah satu penerima manfaat dari program ini adalah Kasnoto, bapak tiga anak, warga Desa Bondo. "Kini saya bisa bekerja lebih lama dan anak-anak bisa belajar di malam hari," katanya.

Selain penyambungan listrik gratis, PLN juga telah membagikan 3.000 paket nutrisi untuk anak-anak sekolah di ring I PLTU Tanjung Jati B. Kegiatan tersebut dilakukan rutin setiap empat bulan sekali.

Adapun, terkait program sambungan gratis ini, data penerima sambungan baru diperoleh dari Basic Data Terpadu (BDT) Kementerian ESDM tahun 2016 dengan dilakukan survei ulang oleh PLN dan Pemkab Jepara ke rumah warga sehingga bisa dipastikan bantuan ini tepat sasaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×