kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PLN terangi 9 desa di Kecamatan Kuala Betara, Kuala Tungkal, Jambi


Rabu, 20 November 2019 / 10:35 WIB
PLN terangi 9 desa di Kecamatan Kuala Betara, Kuala Tungkal, Jambi
PLN Jambi menerangi 9 desa


Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PLN Berhasil menembus 9 desa di Kecamatan Kuala Betara. Penyalaan listrik untuk sekitar 1500 warga desa tersebut  ditandai dengan peresmian listrik desa oleh PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Selatan Jambi dan Bengkulu dan Bupati Tanjung Jabung Barat yang dilaksanakan di Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Kuala Betara. (19/11).

Peresmian listrik ini disambut gembira warga desa yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai pekebun pinang dan kelapa ini, mereka mengaku telah lama ingin menikmati listrik sendiri.

Baca Juga: Ini jabatan baru 6 deputi BUMN era Rini Soemarno yang dicopot Erick Thohir

Desa Tanjung pasir merupakan salah satu dari 9 desa di Kelurahan Betara Kiri yang pada Tahun 2019 ini dibangun jaringan listrik desa dari PLN. Pembangunan jaringan listrik PLN ini dilakukan sejak awal Agustus, dan saat ini sebanyak 1.500- an warga telah dipasang kWh meter oleh PLN. Ditargetkan seluruh warga akan terpasang kWh meter pada awal Desember 2019.

Bupati Tanjung Jabung Barat, Safrial MS, dalam sambutannya mengatakan berterimakasih atas upaya dan kerja keras yang telah dilakukan guna mewujudkan terealisasi listrik desa.

"Mewakili masyarakat Tanjung Jabung Barat, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas upaya yang dilakukan PLN, listrik adalah kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat. Kami yakin dengan listrik masyarakat akan semakin maju. " Ungkapnya, dalam siaran pers hari ini.

Dirinya menambahkan pembangunan infrastruktur merupakan kewajiban Pemerintah dalam pelayanannya kepada masyarakat, antara lain: listrik, jalan dan jembatan. Berbagai infrastruktur telah dibangun dan masyarakat telah dapat merasakan dampak kemajuannya.

Baca Juga: Harga Saham HM Sampoerna (HMSP) Tertekan, Ini Alasan Analis Merekomendasikan Beli premium

"Harapan kami, pembangunan jaringan kelistrikan juga merambah sampai ke kecamatan lain, hingga seluruh wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat dapat terlistriki 100 persen."imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Selatan Jambi dan Bengkulu, Daryono dalam sambutannya menyampaikan rasa bahagianya atas telah terbangunnya jaringan listrik di Kelurahan Betara Kiri ini.

Dirinya juga menyampaikan ucapan terima kasihnya atas dukungan dari pemerintah daerah, perangkat desa dan seluruh warga masyarakat yang antusias  dalam mewujudkan pembangunan jaringan listrik desa ini.

"Kami sampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada jajaran Pemerintah daerah dan seluruh masyarakat atas sinergi yang baik dalam mendukung peningkatan Rasio Elektrifikasi dan Rasio Desa Berlistrik khususnya di Provinsi Jambi", ungkap Daryono.

Dirinya juga menjelaskan bahwa kondisi kelistrikan di Provinsi Jambi saat ini telah tersedia kapasitas sebesar 565 megawatt dengan beban puncak saat ini sebesar 220 megawatt , sehingga secara umum kondisi kelistrikan Provinsi Jambi lebih dari cukup.
"Pembangunan jaringan listrik di Kelurahan Betara Kiri ini meliputi pembangunan jaringan tegangan 20 kilovolt sepanjang 10,55 kilometer sirkit, jaringan tegangan 220 volt sepanjang 14,30 kilometer sirkit serta 8 (delapan) buah gardu listrik", jelasnya.

Baca Juga: Saham Perbankan Dapat Momentum, Ini Saran Analis premium

Daryono menambahkan bahwa PLN akan terus melaksanakan pembangunan kelistrikan sebagai bentuk komitmen PLN untuk melistriki seluruh negeri. Sesuai permintaan Bupati Tanjabar, daerah Seberang Kota akan segera dilistriki paling lambat pada medio Tahun 2020. Untuk pengembangan perekonomian di Tanjabar, PLN siap mendukung secara penuh dengan pembangunan Gardu Induk Kuala Tungkal yang ditargetkan selesai di Tahun 2020.

"Untuk itu, kami sampaikan kepada Bapak Bupati, apabila ada investor yang hendak masuk ke Tanjung Jabung Barat agar didorong, kita akan siapkan listriknya", jelas Daryono.

Dirinya berharap agar pembangunan listrik didaerah-daerah dapat mendorong peningkatan investasi dan ekonomi, sehingga turut mendukung kemajuan daerah tersebut, sesuai tagline PLN yakni Listrik Untuk Kehidupan Lebih Baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×