kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Polytama Aplikasikan ESG dengan Berinovasi dalam Perusahaan dan Lingkungan


Senin, 23 Januari 2023 / 20:44 WIB
Polytama Aplikasikan ESG dengan Berinovasi dalam Perusahaan dan Lingkungan
ILUSTRASI. Kontan - Kilas Online, Absorption Chiller System menjadi salah satu inovasi PT Polytama Propindo dalam efisiensi energi


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Penerapan environmental, society, and governance (ESG) menjadi sebuah pondasi penting bagi perusahaan untuk menerapkan bisnis yang berkelanjutan. Secara luas, penerapan ESG tidak hanya berguna untuk perusahaan dan investor, tetapi juga bagi kehidupan masyarakat yang sejahtera.

Masyarakat dapat merasakan banyak manfaat dari perusahaan yang menerapkan ESG, dua di antaranya adalah inovasi dan inklusivitas. Dua hal itu berfungsi sebagai pondasi kolaborasi antara perusahaan, pemerintah, dan masyarakat untuk menumbuhkan ekonomi nasional dan lingkungan yang berkelanjutan. Salah satu anak perusahaan PT Tuban Petrochemical Industries yaitu PT Polytama Propindo (Polytama) konsisten menerapkan keberlanjutan.

Mengusung tema perusahaan “Bersatu Hijaukan Bumi Kita untuk Masa Depan yang Lebih Cerah”, Polytama berkomitmen menjadi pelopor dalam menerapkan inovasi-inovasi yang berguna untuk pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan. Hal ini dibuktikan Polytama dalam aspek operasi dan program corporate social responsibility (CSR).

Dalam aspek operasi, Polytama telah menerapkan sistem pendinginan reaktor berbasis ramah lingkungan dengan tingkat pemanfaatan air mencapai 11 kali, sehingga sumber daya air tanah di wilayah operasi semakin optimal penggunaannya. Pada tahapan operasi lainnya, Polytama memanfaatkan gas bumi rendah emisi mencapai 500 mmbtud yang digunakan sebagai bahan bakar sebelum memasuki tahapan polimerisasi, sehingga kualitas lingkungan di area operasi tetap terjaga dengan baik.

Kontan - TubanPetro Kilas Online

Selain pada operasional perusahaan, Polytama turut menerapkan beberapa inovasi untuk program lingkungan, salah satunya efisiensi energi pada unit reaktor. Reaktor ini menjadi instrumen penting dalam memproses bahan baku propilena menjadi bijih plastik/polipropilena. Efisiensi energi dilakukan melalui penghematan konsumsi uap air pada Absorption Chiller System (ABS) dengan mengubah alur proses internal produksi lewat skema value chain optimization.

Optimisasi dilakukan dengan memanfaatkan kembali air panas dari proses produksi sebagai sumber tambahan penghasil uap untuk mendukung kinerja reaktor dalam ABS. Upaya tersebut menghasilkan efisiensi penggunaan uap dari 7 ton/jam menjadi 5 ton/jam (penghematan konsumsi uap 2 ton/jam).

"Polytama secara konsisten terus melakukan inovasi dan menjalankan kegiatan operasi  secara efisien dan profesional, didukung infrastruktur dan sumber daya manusia yang kompeten, serta senantiasa patuh pada ketentuan Pemerintah untuk selalu menjaga lingkungan terutama di sekitar area operasi,” kata Direktur Utama Polytama, Didik Susilo.

Inovasi sosial

Polytama tidak hanya mengembangkan inovasi ramah lingkungan pada tingkat internal, tetapi juga memaksimalkan inovasi sosial untuk masyarakat sekitar lingkungan perusahaan. Melalui program Ekoriparian Sungai Tjimanoek Lama, Polytama membangun sistem Pentahelix dengan konsep “Dasi Si Ayu” di pusat Kota Indramayu, Jawa Barat. Program ini diharapkan dapat menjadi wadah inovasi dan kreasi yang dapat dirasakan manfaatnya oleh warga dan pengunjung di lokasi tersebut.

Polytama juga berupaya memberikan kontribusi terbaik dengan berkolaborasi bersama pemerintah daerah Indramayu terkait keberlanjutan investasi di industri petrokimia, kepedulian dalam penataan lingkungan yang dikombinasikan dengan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Untuk itu, Polytama berharap dapat membangun kolaborasi dan sinergi bersama berbagai stakeholder agar pelestarian lingkungan tetap terjaga.

Dengan berbagai inovasi tersebut, perusahaan penghasil bijih plastik propilena (pp) terkemuka di Indonesia itu kembali meraih Penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan (PROPER) dengan peringkat tertinggi atau Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia. PROPER tahun 2022 tersebut menjadi kali ketiga Polytama memperoleh penghargaan yang sama dari KLHK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×