kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ponsel berbasis Windows Phone 8 mulai unjuk gigi


Sabtu, 05 Januari 2013 / 11:00 WIB
Ponsel berbasis Windows Phone 8 mulai unjuk gigi
ILUSTRASI. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/aww.


Reporter: Merlinda Riska | Editor: Edy Can

JAKARTA. Persaingan smartphone kian keras. Tak semata produknya yang bejibun, sistem operasi pada smartphone juga kian beragam. Setelah BlackBerry dan Android,  kini marak ponsel berbasis sistem operasi Windows Phone 8 dari Microsoft.

Setelah Nokia dan HTC memasukkan Windows Phone 8 ke gadget mereka, giliran penguasa pasar ponsel pintar Samsung yang akan membenamkan sistem operasi itu ke salah satu produknya.

Saat ini, Samsung dan Microsoft sedang membahas rencana penggunaan Windows Phone 8 ke produk ponsel Samsung. Namun, Fabiant Kayatmo, Product Marketing Senior Manager Samsung Mobile Indonesia mengaku belum tahu kapan produk berbasis Windows Phone 8 itu akan keluar.

Ia bilang, Samsung pernah menjual ponsel berotak Windows di produk Omnia. Namun, saat Google mengenalkan sistem operasi Android pada 2010lalu, Samsung beralih ke sistem ini.

Samsung cocok pakai Android. Buktinya, ponsel ini laris manis di pasar global. Di Indonesia, Samsung menguasai pangsa pasar ponsel  27%-28% hingga November 2012.

Namun, Fabiant optimistis, ponsel Samsung berotak Windows Phone 8 kelak bisa mendongkrak penjualan Samsung di pasar domestik. Apalagi IDC memprediksi, pangsa pasar ponsel berbasis Windows Phone 8 bisa mencapai 9% tahun ini. Tahun lalu, pangsa pasarnya masih 2%.

IDC juga meramalkan, munculnya ponsel Windows Phone 8 bakal menyusutkan pasar Android, dari 56% di tahun lalu, menjadi 53% di tahun ini.

Samudro Seto, Head of Product Marketing HTC Indonesia menambahkan, saat HTC merilis ponsel Windows Phone 8, sambutan pasar positif. Kata dia, melihat ponsel Windows Phone 8 punya keunggulan seperti fitur kids corner yang melindungi anak dari aplikasi dewasa serta aplikasi Microsoft Office yang sudah familiar. Hanya, jumlah aplikasi Windows Phone 8 di Windows Store baru 150.000. Sedang di Playstore, pasar aplikasi khusus Android sudah  mencapai 800.000.

Dari sini, diperkirakan, ponsel Windows Phone 8 bakal sulit bersaing dengan ponsel Android atau BlackBerry. Apalagi, harga ponsel otak Windows Phone 8 masih mahal. Nokia Lumia 920, contohnya, dibanderol Rp 6,4 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×