kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Prospek industri pakan ikan cerah di 2013


Kamis, 29 November 2012 / 08:50 WIB
Prospek industri pakan ikan cerah di 2013
ILUSTRASI. Yoga, termasuk salah satu cara mengatasi perut begah secara alami


Reporter: Handoyo | Editor: Sandy Baskoro

JAKARTA. Prospek penjualan pakan ikan dan pakan udang atau aqua feed mill pada tahun akan tetap cerah. Gabungan Pengusaha Makanan Ternak
(GPMT) memproyeksikan penjualan pakan ikan dan pakan udang selama 2013 akan meningkat masing-masing 15% dan 30%.

Denny D Indradjaja, Ketua Pakan Aquakultur GPMT, mengatakan, pertumbuhan penjualan pakan ikan dan pakan udang lantaran kapasitas pabrik bertambah. Kenaikan penjualan juga didorong program revitalisasi tambak udang oleh pemerintah yang dimulai akhir tahun ini.

"Meski tahun ini penjualan pakan ikan dan pakan udang di bawah target, tahun depan tetap ada kenaikan," ujar Denny.

Secara total, penjualan pakan ikan dan pakan udang tahun ini diprediksi berkisar 1,2 juta ton, naik 20% dibandingkan tahun lalu yang mencapai 1 juta ton. Meski tumbuh, pencapaian tahun ini di bawah target yakni 1,3 juta ton.

Hingga Oktober 2012, realisasi penjualan pakan ikan secara nasional adalah 850.000 ton, sedangkan pakan udang mencapai 110.000 ton. Hingga akhir tahun ini, GPMT memproyeksikan penjualan pakan ikan sekitar 1 juta ton, dan udang sebanyak 250.000 ton.

Proyeksi kenaikan penjualan pakan ikan di 2013 tak lepas dari penambahan kapasitas produksi karena utilisasi pabrik pakan ikan rata-rata mencapai 80%-90% dari kapasitas terpasang. Denny bilang, beberapa perusahaan yang siap memperluas atau menambah pabrik baru di tahun depan antara lain Japfa Comfeed Indonesia, Central Proteinaprima, Malindo Feedmill dan Sinta Prima Feedmill.

Anang Hermanta, Markering Director Sinta Prima Feedmill mengatakan, awal tahun depan Sinta Prima mulai mengoperasikan pabrik baru. "Kami
akan menambah produksi pakan ikan pada tahun depan," kata Anang.

Pabrik pakan ikan Sinta Prima yang berlokasi di Cileungsi ini berkapasitas terpasang 15.000 ton per bulan. Operasional pabrik anyar itu akan melengkapi satu pabrik pakan ikan yang ada saat ini. Dari kapasitas terpasang 15.000 ton per bulan, utilisasinya telah mencapai 80%.

Program revitalisasi tambak udang oleh pemerintah cukup memberikan angin segar bagi industri aqua feed mill dalam negeri. "Para petambak mulai bergairah membudidayakan udang," kata Denny.

Kementerian Kelautan dan Perikanan tahun ini mulai merevitalisasi tambak udang di lahan seluas 1.000 ha. Wilayahnya antara lain Serang, Karawang, Subang, Indramayu, dan Cirebon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×