Reporter: Merlinda Riska | Editor: Hendra Gunawan
JAKARTA. Rakuten Belanja Online (RBO) siap mempertahankan pertumbuhan penjualan tiga digit atau di atas 100% tahun ini. Perseroan optimistis targetnya bisa tercapai lantaran pada April 2015, penjualan Gross Produk (GMS, Gross Merchandise Sale) RBO tumbuh 204,7% secara year on year (yoy).
"Peningkatan penjulan ini didongkrak oleh para pengguna internet di Indonesia telah mencapai jumlah lebih dari 80 juta orang sampai dengan akhir 2014. Pada saat RBO hadir di Indonesia pada 2011, jumlah pengguna internet hanya 40 juta pengguna," kata Yasunobu Hashimoto, Direktur Rakuten Belanja Online, Kamis (4/6).
Dia bilang, Rakuten akan memperkuat bisnis melalui program MicroB. Hal ini merupakan tindaklanjut dengan serial Seminar E-Commerce dengan sasaran para pelaku bisnis mikro di wilayah Indonesia, yang telah dimulai sejak September 2013. Program MicroB adalah program yang dilakukan RBO untuk membawa mikro bisnis (yaitu usaha kecil yang belum memiliki badan hukum) di Indonesia ke pasar e-commerce.
"Saat ini sudah ada 1.000 mikro bisnis telah bergabung di RBO. Kami harapkan ke depannya akan bertambah banyak pelaku mikro bisnis yang menjadi merchant di RBO," katanya.
Merchant bisnis mikro berasal dari 13 provinsi di Indonesia, termasuk DKI Jakarta (39,3%), Jawa Barat (16,40%), Jawa Timur (15,2%), Jawa Tengah (7,4%), Banten (5,3%), Sumatra Utara (3,4%), DI Yogyakarta (2,4%), Bali (1,8%), dan Sumatra Selatan (1,5%). Melalui serial edukasi MicroB, semakin banyak bisnis mikro yang diharapkan mampu menembus pasar online dan memperluas basis konsumen mereka ke seluruh Indonesia.
Di tahun keempatnya di Indonesia, sampai April 2015 tercatat, pertumbuhan per tahunnya (yoy) untuk jumlah order tumbuh 182,7%. Adapun, jumlah pembeli baru tumbuh 243,2%, serta penjualan GMS mobile tumbuh 229,6%.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News