kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45907,67   -0,77   -0.08%
  • EMAS935.000 1,08%
  • RD.SAHAM 0.83%
  • RD.CAMPURAN 0.50%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Ramadan tahun ini, Facebook, WhatsApp, dan Instagram kampanyekan #BulanKebaikan


Kamis, 08 April 2021 / 19:17 WIB
Ramadan tahun ini, Facebook, WhatsApp, dan Instagram kampanyekan #BulanKebaikan
ILUSTRASI. Facebook

Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Facebook dan keluarga aplikasinya, yakni Instagram dan WhatsApp pada tahun ini mengkampanyekan #BulanKebaikan untuk menyambut bulan Ramadan. Mulai dari hari pertama bulan puasa, ada tiga kampanye utama yang akan gencar dihadirkan Facebook, Instagram dan WhatsApp pada Ramadan tahun ini.

Country Director untuk Facebook di Indonesia, Pieter Lydian mengungkapkan, pihaknya juga akan membantu memberdayakan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) atau pedagang tradisional melalui fitur WhatsApp Business.

Sebagai bagian dari kampanye itu, Facebook dan keluarga aplikasinya turut menggandeng komunitas dan selebritas, dengan mengangkat kisah dan inspirasi dari figur-figur yang dinilai telah menciptakan dampak positif di komunitas.

Baca Juga: Forbes: Orang yang sangat, sangat kaya menjadi sangat, sangat kaya lagi

"Facebook, Instagram, dan WhatsApp meluncurkan kampanye #BulanKebaikan guna memberikan lebih banyak cara dan ide bagi orang-orang untuk berkontribusi kembali ke komunitas mereka melalui aplikasi kami. Lalu kami juga akan menghadirkan serangkaian fitur agar orang-orang dapat mengekspresikan aksi kebaikan mereka serta terhubung dengan teman dan keluarga," ujar Pieter dalam media briefing secara daring, Kamis (8/4).

Dia menerangkan, ajakan pertama yang akan dikampanyekan Facebook adalah "Jelajahi Kebaikan". Kampanye ini dilakukan melalui "Kebaikan Beruntun (pay-it-forward)", dengan mewadahi sejumlah ide untuk membantu pihak lain serta terhubung dengan kolega.

"Mulai dari membeli makanan dengan porsi yang lebih banyak agar dapat dibagikan kepada kurir pengantar, hingga membangun silaturahmi dengan teman yang sudah lama tidak bertemu. Ide-ide yang kami bagikan ini mudah dan menyenangkan untuk dilakukan bersama teman dan keluarga," ujar Pieter.

Program selanjutnya adalah "panduan UKM untuk siap sambut Ramadan". Mengingat kondisi yang masih di tengah pandemi, perangkat mobile menjadi alternatif untuk berinteraksi dan berbelanja secara aman. Pada masa Ramadan tahun ini pun diprediksi akan lebih banyak kegiatan belanja lewat platform online.

"Kami meluncurkan panduan praktis untuk membantu UKM bersiap menyambut Ramadan dan Idul Fitri di seluruh aplikasi Facebook," ujar Pieter.

Salah satu panduan praktis yang dapat ditemukan oleh pelaku UKM adalah pustaka gambar di Getty Images yang menyediakan beragam pilihan visual bertemakan Ramadan yang cocok untuk perangkat mobile.

Pustaka gambar ini merupakan hasil kolaborasi Getty Images Facebook dengan seluruh visual tersedia secara gratis bagi pelaku UKM untuk digunakan sebagai pendukung materi dan kegiatan pemasaran mereka selama Ramadan.

Kampanye kedua adalah "Inspirasi Kebaikan". Dalam program ini, Facebook menggaet kreator dan komunitas untuk berkolaborasi. Antara lain dengan menggelar "Ramabar", sebagai tempat berkumpulnya streamer gamers resmi Facebook yang berkumpul secara virtual tiga kali dalam seminggu menjelang waktu buka puasa.

Baca Juga: Jelang puasa, Ikappi sebut harga beberapa bahan pangan bergerak naik

"Gamers itu salah satu komunitas yang penting sekali buat Facebook. Mereka juga punya banyak cerita inspiratif," ungkap Pieter.

Selanjutnya, ada #NgabuburitInstagram yang merupakan serial Instagram Live selama 30 menit yang digelar setiap hari Sabtu selama bulan ramadan. Program ini melibatkan beberapa kreator konten dan selebritis seperti Prilly Latuconsina, Ersa Mayori, Meisya Serigar, dan Nagita Slavina.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
(VIRTUAL) NEGOTIATION FOR EVERYONE Batch 2 Panduan cepat Strategi Pemasaran Berbasis KPI

[X]
×