kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Ramai soal PIMD yang disangka pengganti Petral, ini kata direksi Pertamina


Rabu, 09 Oktober 2019 / 21:40 WIB

Ramai soal PIMD yang disangka pengganti Petral, ini kata direksi Pertamina
ILUSTRASI. Pekerja memasang spanduk besar (banner) berisi dukungan Pertamina pada pesta olahraga Asian Games 2018, di Gedung Pertamina, Jakarta, Jumat (29/6).

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pendirian Pertamina International Marketing & Distribution, Pte Ltd (PIMD) menuai kontroversi. PIMD dikhawatirkan menjadi reinkarnasi Pertamina Energy Trading Limited (Petral) yang telah dibubarkan karena tersangkut kasus mafia migas.

Setelah kontroversi mengemuka, direksi Pertamina pun buka suara. Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko Pertamina Heru Setiawan mengklaim, kekhawatiran yang didengungkan tersebut tidak akan terjadi.

Baca Juga: Pertamina buka kantor pemasaran di Singapura, apa bedanya dengan Petral?

Alasannya, Heru menyebut bahwa PIMD berbeda dengan Petral. Jika pada masanya Petral melakukan pengadaan langsung untuk kebutuhan impor Pertamina, maka PIMD tidak dapat berperan di ranah tersebut.

Heru mengakui, PIMD memang bisa melakukan pengadaan impor, namun hal tersebut tidak bisa dilakukan secara langsung, melainkan dengan proses tender.  "Jadi ini beda sama Petral yang untuk procurement kebutuhan Pertamina. PIMD nggak, dia harus ikutan tender terlebih dulu. PIMD tidak diberikan otoritasi untuk langsung procurement," ungkap Heru saat ditemui di Kantor Kementerian ESDM, Rabu (9/10).

Meski tak menyebut detailnya, tapi Heru mengatakan bahwa PIMD ini baru didirikan, yakni pada September lalu. Tujuannya, ialah untuk membantu pemasaran produk Pertamina di pasar internasional.

"Kita harus punya trading arm lah, kan kita sudah mulai ekspor. Dia (PIMD) juga bisa ambil (produk) dari tempat lain, dan menjual ke tempat lain. Jadi nggak harus ke Pertamina," terangnya.

Baca Juga: Begini kata eks Tim Anti Mafia Migas soal PIMD yang didirikan Pertamina

Heru juga memastikan bahwa Pertamina memiliki strategi agar nasib PIMD tak sama dengan Petral yang menjadi sarang pemburu rente mafia migas. Sayangnya, Heru tidak membuka kiat ang dimaksud. "Yang jelas ada prosedurnya, dia (PIMD) nggak akan kayak Petral," imbuhnya.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana
Editor: Tendi

Video Pilihan

Tag

Close [X]
×