kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rekind tawarkan dokumen AMDAL dan FEED proyek pipa gas Cisem, ini tanggapan BPH Migas


Minggu, 11 Oktober 2020 / 15:53 WIB
Rekind tawarkan dokumen AMDAL dan FEED proyek pipa gas Cisem, ini tanggapan BPH Migas
ILUSTRASI. Pipa gas. REUTERS/Stringer/File Photo ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. CHINA OUT.


Reporter: Filemon Agung | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) memastikan baru akan membahas kelanjutan proyek pipa transmisi gas bumi Cirebon - Semarang (Cisem) pada Senin (12/10) esok.

PT Rekayasa Industri (Rekind) pun telah memutuskan untuk mengembalikan ruas tersebut kepada BPH Migas dan tak melanjutkan proyek yang telah dimenangkan tendernya sejak 14 tahun silam.

Di sisi lain, Rekind menawarkan pemanfaatan dokumen Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dan Front End Engineering Design (FEED) serta dokumen-dokumen lain yang telah dilakukan kajiannya oleh perusahaan.

Baca Juga: Timah (TINS) yakin perbaikan harga timah global akan positif terhadap kinerja

Menanggapi hal tersebut, Anggota Komite BPH Migas Jugi Prajogio menuturkan pemabahasan lanjutan baru akan dilakukan pada Senin nanti dalam sidang komite BPH Migas. "Belum tentu semua dokumen akan dipakai, nanti kita lihat hasil keputusan komite," kata Jugi kepada Kontan.co.id, Minggu (11/10).

Jugi menambahkan, pihaknya belum bisa memastikan seperti apa ketentuan yang harus dilalui jika nanti dokumen-dokumen tersebut akan dipakai oleh perusahaan yang akan melanjutkan proyek pipa Cisem. Selain itu, jika pun nanti dokumen tidak terpakai maka menurut Jugi hal tersebut menjadi resiko bagi Rekind sendiri.

Merujuk surat Rekind kepada BPH Migas pada tanggal 2 Oktober 2020, penyerahan kembali ruas pipa Cisem dinilai pihak Rekind sebagai upaya untuk tidak menghambat kelancaran pelaksanaan proyek yang masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) ini. "Rekind memohon maaf kepada BPH Migas atas keputusan di atas dan berharap BPH Migas dapat memahami pertimbangan-pertimbangan yang mendasari keputusan Rekind tersebut," ungkap surat tersebut.

Selanjutnya: Serahkan kembali ruas pipa Cisem, Rekind buka opsi pemanfaatan dokumen AMDAL dan FEED

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×