kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Resmi kelola Bandara Sentani, ini rencana Angkasa Pura I


Senin, 14 Oktober 2019 / 13:51 WIB
Resmi kelola Bandara Sentani, ini rencana Angkasa Pura I
PT Angkasa Pura I (Persero) resmi mengelola Bandara Sentani Jayapura melalui mekanisme Kerja Sama Pemanfaatan (KSP) dengan Kementerian Perhubungan.

Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Angkasa Pura I (Persero) resmi mengelola Bandara Sentani Jayapura melalui mekanisme Kerja Sama Pemanfaatan (KSP) dengan Kementerian Perhubungan. 

Penandatanganan KSP ini dilakukan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B. Pramesti dengan Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi di Jakarta kemarin dan disaksikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. 

Penandatanganan KSP ini merupakan wujud Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Dengan demikian saat ini terdapat 15 bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura I.

Baca Juga: Menjadi gerbang utama Borobudur, Bandara YIA pekerjakan 60% tenaga lokal

Ruang lingkup kerja sama ini yaitu terkait pengelolaan, optimalisasi, dan pengembangan Bandara Sentani dalam rangka meningkatkan perannya untuk kegiatan perekonomian oleh Angkasa Pura I sebagai badan usaha yang diamanatkan pemerintah melalui Kementerian Perhubungan untuk mengelola bandara tersebut. 

Sebagai pengelola, Angkasa Pura I berkewajiban memberikan kontribusi tetap dan pembagian keuntungan setiap tahunnya kepada Pemerintah RI. Periode kerja sama ini berlangsung selama 30 tahun.

“Amanat ini merupakan tantangan sekaligus peluang bagi Angkasa Pura I untuk dapat berkontribusi lebih besar terhadap peningkatan pertumbuhan perekonomian daerah timur Indonesia, khususnya Papua, karena Bandara Sentani merupakan entry point sekaligus hub bagi distribusi kargo dan penumpang di Papua,” ujar Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi dalam siaran pers, Senin (14/10)

Baca Juga: Bandara Yogyakarta International Airport menghadirkan The New Beringharjo

Angkasa Pura I juga akan segera melakukan pengembangan Bandara Sentani dalam waktu dekat, baik pengembangan di sisi udara (airside) maupun di sisi darat (landside). 
Untuk tahap awal, Angkasa Pura I menyiapkan dana pengembangan sekitar Rp 500 miliar untuk melakukan peningkatan PCN landas pacu (runway) agar pesawat berbadan besar dapat mendarat. 




TERBARU

Close [X]
×