kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Resources Alam Indonesia (KKGI) berusaha perbaiki kinerja tahun depan


Kamis, 29 November 2018 / 14:42 WIB
Resources Alam Indonesia (KKGI) berusaha perbaiki kinerja tahun depan


Reporter: Agung Hidayat, Lita Febriani | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Perusahaan tambang batu bara, PT Resources Alam Indonesia Tbk (KKGI) terus mengupayakan perbaikan kinerja bisnisnya di tahun depan. Manajemen berharap harga batubara dapat meningkatkan margin perusahaan.

Pintarso Adijanto, Direktur Utama KKGI mengatakan perusahaan telah mendapatkan tambahan pembeli dari China. "Diperkirakan shipment-nya akhir Desember hingga sampai disana awal Januari," katanya saat paparan publik berlangsung, Kamis (29/11).

Lebih lanjut Pintarso menyebutkan bahwa harga batu bara diprediksi tidak turun lagi, hal ini diharapkan mampu meningkatkan pendapatan KKGI yang pada kuartal tiga tahun ini tergerus cukup dalam. Sampai akhir September 2018, pendapatan bersih KKGI tercatat turun 32,71% year on year (yoy) menjadi US$ 36,24 juta.

Mengenai growth revenue di tahun depan, KKGI enggan menyebutkannya selain target produksi di tahun 2019 ialah sebanyak 4 juta metric ton (MT). "Kami tidak kurangi targetnya lagi, akan kami maksimalkan itu," terang Pintarso.

Guna mencapai produksi yang besar tersebut, KKGI telah menyiapkan kapasitas alat berat dan infrastruktur yang memadai. KKGI juga menyesuaikan kembali stripping ratio sesuai dengan kondisi pasar yang ada.

Selain itu, Direktur KKGI Wimpi Salim mengatakan bahwa pihaknya juga akan menambah penjualan ke pasar domestik. "Rencananya di 2019 domestic market obligation (DMO) kami penuhi 25% dari produksi atau 1 juta ton," katanya.

Tidak hanya suplai ke Perusahaan Listrik Negara (PLN), KKGI juga akan memaksimalkan penyerapan ke perusahaan swasta lainnya.

Selain fokus pada volume produksi, KKGI juga tengah menuntaskan penyelesaian pembangunan PLTMH Cicatih 2 x 3,2 MW yang sampai dengan akhir November 2018 sudah hampir rampung. Sesuai dengan perjanjian jual beli tenaga listrik dengan PLN Jawa Barat target Commercial Operation Date proyek PLTMH tersebut ialah tanggal 31 Agustus 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Tag


TERBARU

[X]
×