kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.514.000   -8.000   -0,53%
  • USD/IDR 15.855   10,00   0,06%
  • IDX 7.383   69,47   0,95%
  • KOMPAS100 1.121   5,46   0,49%
  • LQ45 876   1,40   0,16%
  • ISSI 225   0,73   0,33%
  • IDX30 448   1,01   0,23%
  • IDXHIDIV20 536   0,07   0,01%
  • IDX80 127   0,45   0,36%
  • IDXV30 130   -0,11   -0,09%
  • IDXQ30 148   0,02   0,01%

Samudera Indonesia (SMDR) Sebut Bisnis Pelayaran Tahun 2024 Menantang


Senin, 01 Januari 2024 / 12:48 WIB
Samudera Indonesia (SMDR) Sebut Bisnis Pelayaran Tahun 2024 Menantang
ILUSTRASI. PT Samudera Indonesia Tbk. (SMDR) menuturkan tahun 2024 pihaknya menyiapkan diri untuk menambah kapal.. ANTARA FOTO/Aji Styawan/rwa.


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten pelayaran PT Samudera Indonesia Tbk. (SMDR) pada tahun 2024 akan menambah kapal.

Direktur Utama SMDR Bani Maulanan Mulia mengatakan hal ini dilakukan sebab memproyeksi bisnis pelayaran tahun 2024 akan menantang.

"Kami melihat dan menyiapkan diri untuk 2024 yang menantang, karena memang kapasitas kapal dunia sudah dijadwalkan akan bertambah di 2024 ini bisa menyebabkan tekanan kepada rendahnya freight rate," ujarnya kepada Kontan, Jumat (29/12).

Namun demikian, lanjut Bani,  dinamika pasar selalu bisa mengubah arah sehingga pihaknya harus siap menyesuaikan diri kondisi geopolitik saat ini memberikan tekanan ke atas kepada freight rate sehingga ada penyeimbang dari kondisi supply demand.

Baca Juga: Laba Samudera Indonesia (SMDR) Menyusut 55,3% pada Semester I/2023

Tahun 2024 mendatang, SMDR berencana menambah minimal 6 kapal baru. Rencananya, dua kapal akan berasal dari Jepang dan empat lainnya berasal dari China.

"Tahun 2024 akan menantang dan menarik bagi perusahaan, seru. Tentu saja banyak kontrak yang sedang dibidik, nanti akan diumumkan apabila sudah bisa diumumkan," imbuh dia.

Mengenai capex di tahun 2024, Bani tidak membeberkan detail besarannya. Namun dia menegaskan, penambahan kapal baru terus berjalan dengan baik.

"Akan ada 2 kapal peti kemas baru akan diluncurkan di Jepang, 4 kapal petikemas di China, 2 set kapal tug & barge di Semarang dan Madura, serta 2 kapal gas tanker yang akan diserahterimakan di awal 2024 nanti. Dengan demikian, sudah lebih dari 10 kapal tambahan di 2024 dan ini juga masih sangat mungkin bertambah nanti," urainya.

Bani menjabarkan, kinerja Perseroan hingga kuartal IV 2023 dinilai akan lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini diproyeksi dari pendapatan dan laba bersih yang akan lebih rendah dibandingkan dengan tahun lalu. Namun SMDR memastikan kinerja masih akan positif hingga akhir 2023.

 



Sebagai informasi, SMDR mencatatkan penurunan kinerja keuangan pada kuartal III-2023. Ini terlihat dari pendapatan jasa SMDR yang turun 32,61% dengan nilai US$ 575,42 juta, jika dibandingkan periode sama tahun lalu di angka US$ 853,93 juta. 

Pendapatan ini berasal dari tiga sektor yaitu dari jasa pelayaran dan keagenan senilai US$ 445 juta, jasa logistik dan pelabuhan US$ 110,32 juta dan sektor lain-lain senilai US$ 20 juta.

Lalu laba bersih perseroan juga menyusut 64,77% dengan nilai US$ 92,57 juta jika dibandingkan dengan laba bersih hingga September 2022 yang berada  di angka US$ 262,8 juta.

"Penurunan freight rate yang ada di pasar saat ini, jauh lebih rendah, bahkan melebihi efisiensi bahan bakar yang bisa dicapai oleh perusahaan. Ini salah satu penyebab profitabilitas tahun ini turun dibandingkan tahun lalu tapi bukan dari kenaikan harga bahan bakar atau harga minyak," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective Bedah Tuntas SP2DK dan Pemeriksaan Pajak (Bedah Kasus, Solusi dan Diskusi)

[X]
×