kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sekar Bumi (SKBM) Catatkan Kinerja Apik pada Tahun Lalu


Jumat, 20 Mei 2022 / 15:53 WIB
Sekar Bumi (SKBM) Catatkan Kinerja Apik pada Tahun Lalu
ILUSTRASI. Perusahaan pengolahan hasil perikanan dan peternakan, PT Sekar Bumi Tbk (SKBM). frozen foods, makanan beku olahan ikan


Reporter: Vina Elvira | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah kondisi pasar yang masih dibayangi pandemi Covid-19, PT Sekar Bumi Tbk (SKBM) masih tetap berhasil mencatatkan kenaikan penjualan sekitar 22% year on year (yoy) selama tahun 2021. 

Mengutip siaran pers yang diterima Kontan.co.id pada Jumat (20/5), kenaikan penjualan itu didukung oleh penjualan ekspor udang yang meningkat serta kenaikan pasar domestik, seiring dengan peluncuran #JagoanDumpling, salah satu produk makanan olahan dimsum yang menjadi andalan perusahaan.

Dalam laporan keuangan konsolidasi per 31 Desember 2021 yang dirilis, perusahaan mencatatkan kenaikan penjualan yang signifikan. Bahkan jika dibandingkan dengan lima tahun terakhir.

Sekar Bumi mengalami peningkatan penjualan sebanyak lebih dari dua kali lipat, yaitu pada tahun 2017 sebesar Rp 1,84 triliun, menjadi Rp 3,8 triliun pada tahun lalu.

Baca Juga: Pertama di Pasar Indonesia, Cemindo Gemilang (CMNT) Luncurkan Inovasi Semen Terbaru

"Makanan beku hasil laut nilai tambah (frozen valueadded seafood) menjadi kontributor terbesar dalam peningkatan tersebut," ungkap Presiden Direktur Sekar Bumi, Harry Lukmito dalam keterangannya. 

Kenaikan penjualan tersebut berhasil meningkatkan laba perusahaan, dari Rp 5,4 miliar pada tahun 2020, menjadi Rp 29,7 miliar di tahun 2021.  

Harry menambahkan, kinerja perusahaan pada tahun lalu juga didukung oleh pabrik-pabrik pengolahan udang, baik di Tangerang maupun Sidoarjo.

Selain itu, SKBM juga menerima persetujuan sebagai approved-supplier supermarket (retailer) besar di Amerika Serikat, seperti Walmart, Costco, Kroger, Ahold, Publix, Aldi, Woolworths, dan sebagainya. 

"PT Sekar Bumi juga mengantongi sertifikat internasional yang diakui seperti Best Aquaculture Practice 4-Star, yaitu integrasi dari benur udang, pakan udang, tambak udang, dan pabrik udang, ditambah dengan traceability system yang mampu menunjang keunggulan perusahaan," tambahnya. 

Baca Juga: Waskita Karya (WSKT) Kantongi Good Funds Senilai Rp 3,28 Triliun

Secara geografis, wilayah ekspor seperti Amerika Serikat menjadi penunjang terkuat dalam peningkatan penjualan, termasuk pasar domestik di Indonesia yang turut menyokong peningkatan tersebut dengan Pulau Jawa menjadi kontributor terbesar di Indonesia.

"Sekar Bumi optimis untuk dapat membukukan pendapatan positif kembali di tahun ini melalui upaya kami dalam menghadirkan inovasi produk perikanan dengan menggenjot pasar domestik dan mempertahankan kekuatan kami di pasar ekspor," tandas Harry. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×