kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Seleksi tender kanal 3G buka mulai hari ini


Jumat, 14 Desember 2012 / 15:58 WIB
Seleksi tender kanal 3G buka mulai hari ini
ILUSTRASI. Syarat perjalanan kereta api, pesawat dll di wilayah PPKM level 2, 3, 4


Reporter: Margareta Engge Kharismawati | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. Kementerian Komunikasi dan Informasi Indonesia akhirnya menggelar pembukaan seleksi tender kanal 3G hari ini (14/12). Maka itu, operator telekomunikasi sudah mempersiapkan diri untuk ikut tender.

"Kami sudah mempersiapkan semuanya, mulai dari administrasi dan biaya kanal," kata Henry Wijayanto, Manager Corporate Communication XL kepada Kontan di Jakarta, Jumat (14/12).

Operator terbesar ketiga di Indonesia ini mengaku, sangat butuh sisa kanal 3G di blok 11 dan 12 tersebut. Alasannya, jumlah pelanggan data XL sampai kuartal III 2012 sudah mencapai 25 juta pelanggan, yakni 60% dari total pelanggan XL.

Saat ini, XL memang hanya mempunyai dua blok kanal 3G, yakni kanal 9 dan 10. "Kita berharap bisa memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan kita dan kita serius dengan tender ini," tandas Henry.

Lain halnya dengan XL yang telah bersiap diri, operator Axis mengaku belum mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi kanal 3G tersebut. "Kami secara resmi belum dapat informasi dari pemerintah mengenai proses tender 3G ini," tutur Anita Avianty, Head of Corporate Communication Axis kepada KONTAN.

Apabila informasi resmi tersebut telah keluar, Axis akan mendiskusikannya terlebih dahulu sebagai bagian dari kebijakan internal. Namun, Anita mengakui, bahwa operator dengan jumlah pelanggan sebesar 17 juta ini berminat dengan kanal 3G yang tersisa.

"Saat ini layanan data memberikan kontribusi pendapatan 40% dari total pendapatan kami. Jadi kami memang membutuhkan kanal yang tersisa itu," tukas Anita.

Sebelumnya, Budi Setiawan, Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kemenkominfo mengatakan, operator seluler yang sudah menyatakan minat ikut seleksi kanal 3G adalah; Telkomsel, XL, Axis, dan 3. Budi menjelaskan, pemenang tender nantinya terdiri dari dua operator.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×