kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.105.000   12.000   0,57%
  • USD/IDR 16.445   10,00   0,06%
  • IDX 7.958   20,58   0,26%
  • KOMPAS100 1.114   3,04   0,27%
  • LQ45 807   -1,86   -0,23%
  • ISSI 274   1,94   0,72%
  • IDX30 419   -0,43   -0,10%
  • IDXHIDIV20 486   -0,13   -0,03%
  • IDX80 122   -0,29   -0,24%
  • IDXV30 132   -0,91   -0,68%
  • IDXQ30 136   0,08   0,06%

Semester II 2025, Yanaprima Hastapersada Fokus Ekspor demi Kejar Target Penjualan


Jumat, 01 Agustus 2025 / 05:30 WIB
Semester II 2025, Yanaprima Hastapersada Fokus Ekspor demi Kejar Target Penjualan
ILUSTRASI. PT Yanaprima Hastapersada Tbk (YPAS) memacu penjualan ekspor untuk memaksimalkan penjualan paruh kedua tahun ini.


Reporter: Vina Elvira | Editor: Handoyo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Yanaprima Hastapersada Tbk (YPAS) memacu penjualan ekspor untuk memaksimalkan penjualan paruh kedua tahun ini. Harapannya, target penjualan yang sebesar Rp 360 miliar dapat tercapai di akhir tahun nanti. 

Direktur YPAS Rinawati mengatakan, pihaknya memproyeksikan laju bisnis di paruh kedua cenderung akan lebih stabil, yang didukung oleh kebijakan pemerintah dan potensi peningkatan permintaan kemasan dari beberapa sektor industri. 

“Beberapa lini bisnis, seperti Industri Semen, Industri Pupuk dan Industri Pangan yang menurut pengalaman kami di beberapa tahun terakhir, di bulan Agustus - November ada peningkatan (permintaan),” ujar Rinawati, kepada Kontan.co.id, Rabu (30/7). 

Baca Juga: Yanaprima Hastapersada (YPAS) Catat Pendapatan Rp 171,93 Miliar pada Semester I-2025

Untuk memacu penjualan di sisa tahun ini, YPAS juga fokus memaksimalkan pasar ekspor di tengah pelemahan pasar domestik yang terjadi. 

Dia menyebutkan, YPAS dihadapkan tantangan berupa oversupply di pasar domestik. Kondisi ini membuat perseroan terpaksa mengikuti market price, yang di mana membuat terjadinya tekanan harga. 

Maka dari itu, untuk mempertahankan bisnisnya, YPAS berupaya meningkatkan penjualan ekspor, baik itu ke negara-negara ASEAN sebagai pasar utama, maupun  tujuan ekspor baru seperti ke wilayah Eropa dan Amerika Serikat (AS).

Dari sisi belanja modal atau capital expenditure (Capex), tahun ini YPAS menyiapkan dana sebesar Rp 10 miliar untuk mendukung operasional perseroan. 

“Sampai dengan semester I-2025 sudah terealisasi Rp 2 miliar untuk peremajaan mesin-mesin yang sudah tua dan penambahan kendaraan operasional,” tandasnya. 

Sebagai tambahan informasi, penjualan bersih YPAS mengalami peningkatan 12,05% sepanjang semester I-2025 menjadi Rp 171,93 miliar dibandingkan Rp 153,43 miliar pada posisi yang sama tahun lalu. 

 

Jika diperinci, penjualan perseroan terdiri atas penjualan pihak berelasi dan pihak ketiga.Dari pihak berelasi, seluruhnya merupakan penjualan lokal yang tercatat sebesar Rp 3,43 miliar. 

Kemudian untuk pihak ketiga, meliputi penjualan lokal sebesar Rp 151,50 miliar dan penjualan ekspor senilai Rp 16,99 miliar. 

Meskipun ada kenaikan penjualan YPAS terpantau mencatatkan kerugian sepanjang periode ini. Namun, angkanya mengalami penurunan sebanyak 13,63% menjadi Rp 3,61 miliar, dibandingkan rugi periode berjalan pada semester I-2024 yang tercatat Rp 4,18 miliar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Tag


TERBARU
Kontan Academy
Business Contract Drafting GenAI Use Cases and Technology Investment | Real-World Applications in Healthcare, FMCG, Retail, and Finance

[X]
×