kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sentra Food Indonesia (FOOD) bakal memaksimalkan penjualan ke segmen ritel


Rabu, 29 April 2020 / 20:11 WIB
Sentra Food Indonesia (FOOD) bakal memaksimalkan penjualan ke segmen ritel
ILUSTRASI. auriga.agustina - Agustus Sani Nugroho, Direktur Utama Sentra Food - Tahun depan akan IPO, sentra food bidik dana Rp 37,5 miliar


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  PT Sentra Food Indonesia Tbk (FOOD) berencana memaksimalkan penjualan ke segmen pasar ritel tahun ini. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengimbangi permintaan segmen pasar hotel, restoran dan kafe (horeka) yang sedang lesu.

Direktur Utama Sentra Food Indonesia, Agustus Sani Nugroho mengatakan permintaan segmen konsumen horeka di empat bulan pertama turun cukup tajam bila dibandingkan periode sama tahun lalu.

Salah satu tantangan terbesar datang dari pandemi corona (covid-19) yang memukul kegiatan usaha sektor horeka. Kondisi ini memperparah permintaan konsumen segmen horeka yang semula memang sudah lesu akibat tingginya intensitas hujan di awal tahun.

Baca Juga: Kinerja 2019 mantap, laba bersih Sentra Food Indonesia (FOOD) berhasil tumbuh 22%

Di sisi lain, permintaan dari segmen konsumen ritel, meski mengalami penurunan, cenderung menunjukkan penurunan yang relatif lebih rendah bila dibandingkan dengan penurunan yang terjadi pada segmen horeka.

Oleh karenanya, keputusan untuk memaksimalkan penjualan ke segmen ritel dlihat sebagai pilihan yang strategis. “Sektor ritel relatif masih bertahan, walau juga mengalami penurunan,” ujar Agustus kepada Kontan.co.id pada Rabu (29/4).

Untuk memuluskan rencana ini, FOOD telah menyiapkan beberapa strategi. Salah satu di antaranya yakni dengan mendorong penjualan secara daring melalui marketplace.

Saat ini, produk-produk anak usaha FOOD, yakni PT Kemang Food Industries (Kemfood) sudah tersedia di beberapa marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee.

Ke depannya, jangkauan penjualan daring akan terus diperluas dengan merambah marketplace-marketplace lainnya. Selain itu, penjualan ke segmen konsumen ritel juga akan terus diperkuat melalui program Kemitraan Kemfood yang tengah dikembangkan.

Sejumlah strategi di atas akan didukung dengan varian portfolio produk yang jumlahnya akan terus ditingkatkan. Rencananya, FOOD melalui entitas anak usaha, Kemfood akan meluncurkan beberapa produk baru mulai dari kuartal dua tahun ini.




TERBARU

[X]
×