kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sepanjang Libur Tahun Baru 2022, KAI Telah Melayani 160 Ribu Pelanggan KA Jarak Jauh


Senin, 03 Januari 2022 / 12:12 WIB
Sepanjang Libur Tahun Baru 2022, KAI Telah Melayani 160 Ribu Pelanggan KA Jarak Jauh
ILUSTRASI. Penumpang antre untuk memasuki area peron di Stasiun Pasar Senen, Jakarta.ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sepanjang Libur Tahun Baru 2022 periode 31 Desember hingga 2 Januari 2022, PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah melayani 160.926 pelanggan KA Jarak Jauh atau rata-rata 53.642 pelanggan per hari. Jumlah tersebut mencapai 69% dari kapasitas yang KAI sediakan yaitu total 234.262 tempat duduk KA Jarak Jauh.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, selama perjalanan, KAI melihat tidak terjadi peningkatan yang signifikan di stasiun kereta api pada masa libur tahun baru 2022 ini. 

“Hal ini karena KAI sudah mengantisipasinya dengan menyediakan petugas tambahan untuk mengatur arus penumpang dan menyediakan jumlah perjalanan KA yang cukup sesuai permintaan dari masyarakat,” ujar Joni dalam keterangan resminya, Senin (3/1). 

Joni bilang, KAI terus konsisten menjalankan protokol kesehatan dengan ketat guna mencegah penyebaran Covid-19 melalui transportasi kereta api. Adapun dia memastikan hanya pelanggan yang benar-benar memenuhi ketentuan yang boleh berangkat naik KA pada masa Nataru ini sesuai dengan regulasi pemerintah.

Baca Juga: Sri Mulyani Wajibkan BUMN Tanda Tangani KPI Untuk Pengelolaan PMN

Sebagai informasi, total pelanggan yang ditolak berangkat pada periode 31 Desember 2021 s.d 2 Januari 2022 ada sebanyak 8.554 pelanggan. Rinciannya yakni belum vaksin kesatu dan kedua 1.384 pelanggan, pelanggan usia di bawah 12 tahun belum PCR 4.419 pelanggan, sakit 19 pelanggan, dan tidak antigen 2.732 pelanggan.

Secara umum, pada periode 17 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022, KAI telah melayani 844.782 pelanggan KA Jarak Jauh atau rata-rata 49.693 pelanggan per hari. “Okupansinya mencapai 63% dari kapasitas yang tersedia yaitu sebanyak 1.330.787 tempat duduk,” tambahnya. 

Sebagai tambahan, mulai 3 Januari 2022, KAI kembali menerapkan aturan bagi pelanggan Kereta Api sesuai SE Kemenhub Nomor 97 Tahun 2021. Berikut persyaratan pelanggan Kereta Api mulai 3 Januari 2022 yakni Pelanggan di atas 12 tahun, wajib vaksin minimal dosis pertama. 

Baca Juga: Per 1 Januari 2022, Tarif Antigen di Stasiun Turun dari Rp 45.000 jadi Rp 35.000

“Jika belum dapat divaksin karena alasan medis, dapat menyertakan surat keterangan dari dokter spesialis atau dokter rumah sakit pemerintah sebagai pengganti vaksin,” katanya. 

Kemudian, pelanggan di bawah 12 tahun, menunjukkan hasil negatif Rapid Test Antigen yang berlaku 1x24 jam dan didampingi orang tua.

Sementara untuk layanan kereta api lokal yakni pelanggan di atas 12 tahun, wajib vaksinasi minimal dosis pertama. Jika belum dapat divaksin karena alasan medis, dapat menyertakan surat keterangan dari dokter spesialis atau dokter rumah sakit pemerintah sebagai pengganti vaksin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×