kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Seteru Lion Air vs Kemhub, Lion Air: Kami belum tahu kapan terbang lagi


Selasa, 05 Mei 2020 / 14:04 WIB
Seteru Lion Air vs Kemhub, Lion Air: Kami belum tahu kapan terbang lagi
ILUSTRASI. Aktivitas bongkar muat pesawat penumpang Lion Air yang dijadikan pesawat kargo di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (30/4/2020).


Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Lion Air Group menyatakan bahwa belum menentukan waktu untuk kembali terbang setelah membatalkan secara mendadak penerbangan Minggu (3/5).

Sebelumnya, Lion Air membatalkan penerbangan pada Minggu (3/5) dengan alasan yang tidak jelas. Namun belakangan terkuak bahwa Kementerian Perhubungan tak merestui maskapai berlogo singa itu untuk terbang.

Baca Juga: Kemenhub pertanyakan dasar Lion Air Group mengudara

Seperti diberitakan Kontan.co.id Senin (4/5), Kementerian Perhubungan mempertanyakan soal alasan Lion Air Group terbang kembali. Kemhub menilai hingga saat ini semua aturan masih mengacu pada Permenhub No. 25 Tahun 2020 yang berlaku sama untuk seluruh maskapai.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati menyebutkan, saat ini pihaknya masih dalam proses untuk membahas regulasi turunan dari Permenhub No. 25 Tahun 2020. Menurutnya, saat ini tidak ada penerbangan bisnis, yang ada adalah penerbangan yang dikecualikan sebagaimana PM 25.

Hal itu diatur jelas dalam Pasal 1 Ayat (2) huruf d dan juga di Pasal 19. Larangan terbang itu berlaku untuk penerbangan domestik dari dan ke bandara yang ditetapkan sebagai wilayah PSBB dan atau zona merah COVID-19.

"Jadi tunggu saja aturan dari Permenhub No. 25 Tahun 2020 yang akan mengatur pengendalian transportasi selain mudik," ujarnya melalui pesan singkat kepada Kontan.co.id, Senin (4/4).

Namun, Lion Air bersikukup bahwa penerbangan itu memiliki dasar yang kuat. Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communications Strategic of Lion Air Group mengatakan, bahwa Lion Air Group secara menyeluruh selalu berkoordinasi bersama regulator serta berbagai pihak terkait.

Baca Juga: Batalkan penerbangan berizin khusus, Lion Air kembalikan uang tiket calon penumpang

Dengan harapan, kata Danang, apabila penerbangan dilaksanakan bisa memenuhi kebutuhan transportasi udara sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi selama masa angkutan udara Idul Fitri periode 1441 Hijriah dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.
 
Lion Air Group menegaskan, tujuan utama operasional perizinan khusus (exemption flight) adalah bagian wujud kesungguhan dalam membantu kemudahan mobilisasi guna melayani pebisnis bukan untuk “mudik”, serta tujuan penerbangan yang mencakup:

1. Pimpinan lembaga tinggi Negara Republik Indonesia dan tamu kenegaraan; 2. Operasional kedutaan besar, konsulat jenderal, dan konsulat asing serta perwakilan organisasi internasional di Indonesia;
3. Operasional penerbangan khusus repatriasi (repatriasi) yang melakukan pemulangan warga negara Indonesia (WNI) maupun warga negara asing (WNA); 4. Operasional penegakan hukum, ketertiban, dan pelayanan darurat;
5. Operasional angkutan kargo; dan
6. Operasional lainnya berdasarkan izin Direktur Jenderal Perhubungan Udara.

Baca Juga: Kabin pesawat Lion Air menerapkan jaga jarak

Namun, alasan itu tak cukup kuat sehingga Lion Air harus membatalkan penerbangan. Danang mengatakan, pihaknya masih menunda penerbangan. "Lion Air Group masih mengalami penundaan penerbangan hingga pemberitahuan lebih lanjut," ungkap dia ke Kontan.co.id, Selasa (5/5).

Dia mengatakan, saat ini pihaknya sudah menyiapkan layanan refund kepada calon penumpang yang akan terbang Minggu 3 Mei 2020 lalu. "Jumlah proses refund saya belum bisa memberikan keterangan," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×