Reporter: Agung Hidayat | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasar premium produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dinilai cukup menggiurkan bagi pelaku usaha industri AMDK. Sebab, produk yang dihasilkan memiliki nilai tambah lebih.
Seperti produsen minuman kemasan, PT Singa Mas Indonesia (SMI), yang menyatakan tertarik untuk menggarap segmen tersebut. "Jika tidak ada perubahan SMI akan luncurkan di awal tahun 2018 nanti," ujar Public Relations & Marketing Event Manager PT Singa Mas Indonesia, Santo Kadarusman kepada Kontan.co.id, Minggu (17/12).
Santo belum bisa membeberkannya saat ini, yang jelas pasar yang tersegmentasi menyebabkan perusahaan harus jeli melihat sasaran konsumennya. "Peluangnya seperti diketahui segmen premium seperti ini masih terlihat di 'Horeca' hotel, restoran dan kafe," terang Santo.
Itu artinya, SMI bakal mengempit di pasar yang lebih kecil ketimbang produk reguler AMDK lainnya. Santo memperkirakan, kemungkinan produk premium baru mempunyai porsi 10% dari total permintaan AMDK di dalam negeri sedangkan sebagian besar 90% diisi oleh produk reguler.
Asal tahu saja, anak usaha Charoen Pokphand Group sebelumnya telah berbisnis Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), di mana perusahaan berhasrat bisa meningkatkan pertumbuhan penjualan hingga 200%-300% per tahun untuk semua jenis produknya. Adapun merek AMDK produksi SMI ialah Frozen Mineral Water.
Kapasitas produksi Frozen Mineral Water mencapai 300.000 karton (1 karton 24 botol) per bulannya. Produk tersebut tersedia dalam berbagai varian, ukuran botol 600 ml, botol 1500 ml dan galon 19 liter yang di produksi di Pandaan, Jawa Timur.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News