kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.326.000 1,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Skandal Penyimpangan Uji Mesin Diesel Hantui Toyota


Selasa, 30 Januari 2024 / 22:16 WIB
Skandal Penyimpangan Uji Mesin Diesel Hantui Toyota
ILUSTRASI. Deretan kendaraan komersial Toyota: Hiace Premio Luxury, Hiace Microbus dan Hilux Single Cabin 4x4 saat pameran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pabrikan otomotif asal Jepang kembali dirundung masalah. Setelah Daihatsu tersandung skandal uji keselamatan kendaraan, kini giliran induk usahanya yakni Toyota yang terlibat skandal penyimpangan prosedur uji mesin diesel.

Dalam keterangan resminya, Toyota Industries Corporation (TICO) dan Toyota Motor Corporation menerima laporan dari komite investigasi khusus yang ditugaskan untuk menyelidiki potensi penyimpangan peraturan sertifikasi emisi domestik yang tidak tepat pada mesin forklift dan mesin konstruksi.

Komite investigasi khusus menemukan kejanggalan selama pengujian output horsepower untuk sertifikasi tiga model mesin diesel untuk mobil yang ditugaskan Toyota kepada TICO.

Baca Juga: Toyota Tersandung Skandal Mesin Diesel, Ada Fortuner Produksi Indonesia

Selama pengujian sertifikasi, kinerja output horsepower mesin diukur menggunakan ECU dengan perangkat lunak yang berbeda dari yang dipakai untuk produksi massal.

Setidaknya terdapat 10 model mobil bermesin diesel yang terkena dampak secara global, termasuk 6 di Jepang.

Salah satu model yang terimbas masalah penyimpangan adalah Toyota Fortuner yang ternyata dibuat oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Mobil bermesin diesel tipe 1GD tersebut mulai dijual pada Mei 2020 dengan tujuan Eropa, Timur Tengah, dan Asia.

Merujuk data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan ekspor Fortuner tercatat sebanyak 45.524 unit pada Januari-Desember 2023.

Baca Juga: Traktor Nusantara Luncurkan Warehousing Solution di Forklift Indonesia

Wakil Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia Bob Azam menyatakan, secara umum isu penyimpangan prosedur sertifikasi tiga mesin model Toyota oleh TICO tidak berdampak pada model-model Toyota yang dijual di Indonesia.

Sedangkan untuk ekspor, hampir seluruh model Fortuner buatan TMMIN tidak terdampak isu tersebut kecuali sebagian unit yang dikirim ke kawasan Timur Tengah.

"Saat ini tidak ada penghentian ekspor, kecuali sebagian yang ditujukan ke Timur Tengah," kata Bob, Selasa (30/1).

Penghentian ekspor sebagian unit Fortuner oleh TMMIN ke Timur Tengah berlangsung sampai adanya konfirmasi dari pemerintah setempat.

Baca Juga: Toyota Pangkas Produksi Mobil Akibat Hujan Lebat di Jepang Barat

Bob menambahkan, isu yang menerpa Toyota sebenarnya berkaitan dengan prosedur sertifikasi mesin di beberapa negara selain Indonesia dan tidak berkaitan maupun mempengaruhi kinerja horsepower, torsi, dan mesin lainnya.

"Jadi ini isunya berkaitan dengan aspek homologasi, bukan terkait kualitas dan keamanan," imbuh dia.




TERBARU

[X]
×