kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Stabilkan harga, PTPN X gelontorkan 700 ton gula


Minggu, 29 Mei 2016 / 23:27 WIB
Stabilkan harga, PTPN X gelontorkan 700 ton gula


Sumber: Antara | Editor: Dupla Kartini

SURABAYA. PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X selaku BUMN bidang pergulaan menggelontorkan gula murah sebanyak 700 ton di 16 kabupaten/kota di Jawa Timur. Hal ini dilakukan untuk mengendalikan harga gula menjelang Ramadhan dan Lebaran.

Direktur Pemasaran dan Perencanaan Pengembangan PTPN X M Sulton mengatakan, gula tersebut digelontorkan untuk keperluan operasi pasar dengan kerja sama antara pemerintah daerah dan instansi terkait. Gula tersebut dijual seharga Rp 11.750 per kilogram (kg), atau lebih murah dibanding harga pasar yang mencapai Rp 14.000 hingga Rp 15.000 per kg.

Sulton menjelaskan, kabupaten/kota yang akan dibidik pasar gula murah antara lain Kabupaten Sidoarjo, Kota dan Kabupaten Mojokerto, Gresik, Lamongan, Bojonegoro, Tuban, Jombang, Kota dan Kabupaten Kediri, Tulungagung, dan Blitar. Selain itu, untuk Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep.

"Kami berharap harga gula di pasaran kembali normal saat memasuki bulan Ramadhan, yakni sekitar Rp 12.000. Dan apa yang kami lakukan merupakan bagian dari upaya mengendalikan inflasi agar daya beli masyarakat tidak tergerus, terutama di bulan Ramadhan, sebagaimana instruksi Presiden Joko Widodo," katanya.

Sulton mengatakan, 700 ton gula itu adalah alokasi awal, dan akan ditambah dengan melihat perkembangan pergerakan harga gula di pasaran.

"Sebanyak 700 ton gula ini adalah untuk awal, kami masih menunggu bagaimana reaksi pasar selanjutnya. Prinsipnya kami siap menambah alokasi untuk operasi pasar sesuai hasil sinergi dengan pemerintah. Gula langsung digelontorkan di pasar-pasar tradisional dan tempat penjualan strategis yang bisa dijangkau rakyat," paparnya.

Menurut Sulton, PTPN X telah bekerja sama dengan pemerintah daerah dan instansi terkait, seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota untuk terus memonitor harga gula.

Terkait dengan stok gula hingga Lebaran, Sulton mengaku sangat mencukupi meski terus dilakukan penggelontoran gula murah di pasaran. Sebab, 10 pabrik gula di PTPN X telah memulai giling tebu aatau masa produksi.

"Beberapa pabrik gula besar milik PTPN X seperti PG Ngadiredjo, PG Pesantren Baru, dan PG Gempolkrep bahkan sudah mulai menggiling tebu sejak pertengahan Mei 2016. Tahun ini PTPN X sendiri menargetkan produksi gula sebesar 504.326 ton gula," katanya. (A Malik Ibrahim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×