Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Tri Sulistiowati
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT United Family Food (Unifam) melihat outlook bisnis produk Fast-Moving Consumer Goods (FMCG) bakal membaik pada kuartal IV-2025. Prospek penjualan FMCG kategori makanan & minuman berpotensi melaju terdorong momentum Natal dan Tahun Baru (Nataru).
Executive Director Unifam, Ongkie Tedjasurja berharap realisasi anggaran pemerintah dan penyaluran stimulus ekonomi bisa mendongkrak daya beli masyarakat, sehingga membawa dampak positif bagi sektor konsumsi. Angin segar pada sektor ini akan berlanjut pada momentum Nataru, yang biasanya akan meningkatkan permintaan terhadap sejumlah kategori produk konsumsi seperti camilan dan permen.
"Kami melihat kuartal keempat sebagai periode yang berpotensi lebih baik, dengan peluang terutama didorong oleh momentum konsumsi Natal dan Tahun Baru. Biasanya pada periode ini permintaan untuk kategori produk yang memberikan unsur kesenangan dan nostalgia seperti permen dan camilan ringan cenderung meningkat," ungkap Ongkie kepada Kontan.co.id, belum lama ini.
Baca Juga: Pasca Melandai Tahun Ini, Penjualan Alat Berat Berpotensi Tumbuh 5%-10% pada 2026
Meski begitu, Ongkie menyoroti bahwa industri barang konsumsi masih dibayangi sejumlah tantangan. Terutama dari dinamika perdagangan global dan penyesuaian sejumlah regulasi yang berdampak pada rantai pasok serta biaya produksi.
"Dalam kondisi seperti ini, kami melihat pentingnya menjaga keseimbangan antara efisiensi operasional dan inovasi produk agar tetap kompetitif di pasar domestik maupun internasional," kata Ongkie.
Menurut Ongkie, tantangan utama pada sisa tahun ini masih terletak pada efisiensi rantai pasok dan fluktuasi harga bahan baku. Menghadapi tantangan tersebut, Unifam akan fokus pada inovasi produk, optimalisasi distribusi, serta penguatan pasar ekspor.
Strategi inovasi produk antara lain dijalankan melalui peluncuran produk baru, yakni Milkita Milky Bar. Langkah ini merupakan bagian dari strategi Unifam untuk memperkuat posisi Milkita sebagai merek yang dekat dengan konsumen lintas generasi.
Milkita Milky Bar menyasar pasar keluarga, termasuk untuk bekal pendamping yang mudah dibawa anak ke sekolah. Selain Milkita, Unifam menaungi beragam jenama, antara lain: Super Zuper, Jagoan Neon, Cola Candy, Defanty, Split, Pino Es Serut Buah, hingga Kata Oma Telur Gabus.
Tak hanya di pasar dalam negeri, Unifam terus memperluas jaringan ekspor. Strategi Unifam antara lain dengan mengikuti berbagai pameran skala internasional. Contohnya ISM Middle East di Dubai yang diselenggarakan pada September 2025, dan Trade Expo Indonesia (TEI) 2025 pada Oktober 2025.
"Selain di pasar domestik, Unifam juga terus memperluas jaringan ekspor ke berbagai negara. Kami secara aktif berpartisipasi dalam berbagai pameran dan forum internasional untuk memperkenalkan produk-produk Indonesia ke pasar global," tandas Ongkie.
Baca Juga: Energi Mega Persada (ENRG) Jadi Pengendali Tunggal KKS Kangean
Selanjutnya: Alibaba Cetak Pendapatan 247,80 Miliar Yuan, Lebih Tinggi dari Proyeksi Analis
Menarik Dibaca: Promo Indomaret Beli 1 Gratis 1 dan Beli 2 Gratis 1, Berlaku sampai 26 November 2025
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News













