Reporter: Melati Amaya Dori | Editor: Asnil Amri
JAKARTA. Astra Honda Motor (AHM) selaku pemilik merek sepeda motor Honda di Indonesia menargetkan pertumbuhan penjualan 7% sampai 10% tahun ini. Hal tersebut disampaikan GM Marketing Planning and Analysis Division AHM, Agustinus Indraputra di sela acara Jakarta Motor Cycle Show (JMCS) 2012 di Jakarta, Kamis (1/11).
Sementara itu, target penjualan tahun ini, AHM mematok penjualan sebesar 4,1 juta unit. Angka tersebut turun 100.000 unit dari total penjualan 2011 yang sempat menyentuh angka penjualan 4.235.000 unit.
"Target penjualan tahun ini ada penurunan sedikit, karena ada kebijakan minimal uang muka kredit sepeda motor yang dikeluarkan tengah tahun lalu. Angka pasti pertumbuhan tahun depan kami sejalan dengan target pertumbuhan Asosiasi Pengusaha Sepeda Motor di Indonesia (AISI) di 2013," kata Agustinus kepada wartawan di Jakarta, kemarin (31/10).
Dengan target pertumbuhan 7%-10%, maka tahun depan bisa dikatakan Honda mengincar penjualan sebanyak 4.500.000 unit. Untuk mencapai target itu, Honda akan meluncurkan model-model baru pada akhir tahun ini dan pada awal tahun depan.
Pada tahun ini, Honda akan meluncurkan varian baru motor matik Honda Beat. Selain itu, di segmen motor sport, Honda baru saja meluncurkan CBR 150. Sayang, Honda masih enggan membocorkan produk terbaru yang akan diluncurkan pada tahun depan.
Sekadar tahu saja, pangsa pasar motor sport Honda saat ini ada sekitar 13% , kemudian pangsa pasar motor bebek Honda ada sekitar 35%. Sisanya, Honda 'melaju kencang' di segmen pangsa pasar motor mati yakni sekitar 50%.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News