kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45961,84   -17,31   -1.77%
  • EMAS984.000 -1,50%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Tahun Ini XL Axiata (EXCL) Fokus Kembangkan Bisnis Layanan Konvergensi Broadband


Selasa, 18 Januari 2022 / 19:34 WIB
Tahun Ini XL Axiata (EXCL) Fokus Kembangkan Bisnis Layanan Konvergensi Broadband
ILUSTRASI. XL Axiata. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/rwa.


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT XL Axiata Tbk (EXCL) melihat prospek industri telekomunikasi akan semakin sehat di tahun 2022. Adapun perseroan juga telah menyiapkan agenda ekspansi di tahun ini. 

Group Head Corporate Communications XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan tahun ini perseroan masih akan terus melakukan pembangunan dan perluasan infrastruktur jaringan khususnya di luar Jawa. Hal itu sebagai wujud komitmennya untuk mendukung pemerintah dalam menyediakan pemerataan ketersediaan jaringan dan layanan telekomunikasi untuk mendukung aktifitas digital masyarakat, termasuk dengan mengembangkan teknologi terbaru 5G. 

“Untuk fokus bisnis kami di tahun 2022 adalah mengembangkan bisnis layanan konvergensi, baik layanan fixed broadband maupun maupun layanan mobile broadband guna mewujudkan visi kami sebagai operator konvergensi nomor 1 di Indonesia,” ujar dia kepada Kontan.co.id, Selasa (18/1). 

Baca Juga: Simak Rekomendasi Saham Emiten Telekomunikasi yang Cenderung Lesu pada Awal Tahun

Hal itu telah diwujudkan dengan menyediakan layanan XL Satu, kemudian memperluas cakupan layanan home entertainment XL Home dan juga melalui upaya aksi korporasi yang dilakukan. Hingga dengan saat ini, total pelanggan XL Home mencapai lebih dari 100.000 pelanggan dan tersebar di 19 kota di Indonesia. 

“Untuk target pelanggan kami berharap tentunya juga bisa meningkat. Yang lebih penting bagi kami adalah mendorong peningkatan pendapatan & profitabilitas bisnis layanan data termasuk meraih pelanggan data yang berkualitas/produktif. Kami akan fokus pada upaya bagaimana XL Axiata dapat memberikan better experience bagi pelanggan data,” katanya.

Dengan mempertimbangkan perkembangan dinamika di industri dan bisnis yang ada, perseroan berharap kinerja perusahaan di tahun 2022 ini akan lebih baik. Adapun EXCL mentargetkan untuk bisa tumbuh selaras atau lebih baik dibandingkan rata-rata pertumbuhan industri.

 

 

Sementara untuk alokasi belanja modal atau capex di tahun ini, Ayu mengatakan perkiraan alokasinya tak akan jauh dari alokasi di tahun 2021. Namun pihaknya belum bisa memastikan berapa jumlah yang pasti. 

Sebagai catatan, di tahun 2021 EXCL mengalokasikan capex sekitar Rp 7 triliun. Mayoritas atau sekitar 70% dianggarkan untuk mendukung pengembangan jaringan bisnis layanan data. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×