kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tak bisa hindari ERP di jalan Singapura, sopir Gojek dituduh menculik penumpang


Jumat, 08 Februari 2019 / 15:14 WIB
Tak bisa hindari ERP di jalan Singapura, sopir Gojek dituduh menculik penumpang


Sumber: Kompas.com | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -SINGAPURA. Warga Singapura dihebohkan dengan viralnya sebuah video mengenai dugaan penculikan oleh pengemudi taksi online aplikasi Go-Jek saat membawa penumpang.

Kasus ini pun harus membuat Otoritas Transportasi Darat Singapura (LTA) turun tangan. Kedua pihak yang terlibat dalam insiden diinterogasi untuk menyelidiki apa yang sebenarnya terjadi di dalam mobil.

Video viral ini bermula ketika pengemudi Go-Jek bernama Kamaruzzaman Abdul Latif mengunggah video sepanjang 7 menit pada 31 Januari 2019 di laman Facebook Go-jek Singapore Community.

Dalam video tersebut telihat dia adu mulut dengan seorang penumpang perempuan, yang geram karena dia tidak bisa menghindari Electronic Road Pricing ( ERP) selama perjalanan ke tempat tujuan. Seperti diketahui ERP merupakan sistem yang membuat pengendara harus membayar tarif ketika melewati jalur tertentu.

Karena melewati ERP, maka Kamurazzaman meminta penumpang untuk membayar tarif tersebut. Penumpang itu menudingnya melakukan penculikan ketika dia tidak bisa keluar dari mobil. Kamurazzaman mengatakan, hal itu disebabkan oleh pintu mobil yang terkunci otomatis.

"Penumpang menuduh saya menculiknya hanya karena ERP. Saya sudah membuat laporan polisi dan ke Go-Jek. Berhati-hatilah semua pengemudi," tulisnya, seperti dikutip dari Channel News Asia. Melansir dari Straits Times, pria berusia 49 tahun itu pada Kamis (7/2) telah berbicara dengan LTA.

Otoritas tersebut juga sudah mengizinkannya untuk kembali mengaspal mencari penumpang sampai ada keputusan resmi. Juru bicara Go-Jek menyatakan, perusahaan mengetahui penyelidikan yang digelar LTA dan siap bekerja sama. "Kami belum pantas untuk berkomentar lebih lanjut pada tahap ini," ujarnya.

Klaim penumpang 

Penumpang perempuan itu diidentifikasi bernama Jovina. Dia menilai, tidak ada kesalahapahaman yang harus dibereskan. Pada peristiwa tersebut, dia mengaku sudah memberi tahu pengemudi tentang tujuan perjalanannya. Namun, dia tidak ingin mengambil rute yang lebih mahal.

"Kami tidak mencapai kesepakatan di Bishan dan saya memintanya untuk mengembalikan saya ke titik penjemputan atau menurunkan saya di tempat yang aman. Tapi dia menolak mengantar saya ketika kami masih di Bishan. Kendaraan yang biasanya saya ambil selalu tidak menyertakan biaya ERP," imbuhnya.

Dalam video yang diunggah Kamurazzaman dapat terdengar Jovina mengeluh soal pembayaran tarif ERP. "Ini jelas, Anda mau mencurangi uang saya," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Begini Nasib Pengemudi Go-Jek Singapura yang Dituduh Culik Penumpang", 

Penulis : Veronika Yasinta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×