kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45962,30   12,15   1.28%
  • EMAS989.000 9.409,62%
  • RD.SAHAM -1.34%
  • RD.CAMPURAN -0.36%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Tambah Portofolio, Kobexindo Tractors (KOBX) Lakukan Diversifikasi Produk


Selasa, 22 Maret 2022 / 19:52 WIB
Tambah Portofolio, Kobexindo Tractors (KOBX) Lakukan Diversifikasi Produk
ILUSTRASI. Produk alat berat segmen mesin konstruksi jalan Dynapac yang dipasarkan oleh PT Kobexindo Tractors Tbk (KOBX).


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kobexindo Tractors Tbk (KOBX) memperkuat portofolio pendapatan melalui penambahan lini baru produk di sektor konstruksi. Emiten penyedia alat berat terintegrasi tersebut telah merampungkan perjanjian keagenan distribusi dengan Dynapac Asia Pacific untuk memasarkan, melakukan jasa perbaikan, dan menyediakan suku cadang produk alat berat segmen mesin konstruksi jalan Dynapac.

Direktur Utama KOBX, Andry B. Limawan mengatakan, langkah diversifikasi bisnis ini merupakan perwujudan komitmen KOBX untuk meningkatkan bisnis secara berkelanjutan.

“KOBX berkomitmen untuk terus meningkatkan bisnis secara berkelanjutan. Termasuk melakukan diversifikasi produk untuk memperkuat dan menyeimbangkan komposisi pendapatan yang bersumber dari pertambangan dan non-pertambangan,” tutur Andry dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id.

Dynapac merupakan salah satu brand global terdepan yang memproduksi alat berat mesin pembuatan jalan.

Baca Juga: Kerek target pendapatan, begini strategi Kobexindo Tractors (KOBX) di sisa tahun 2021

Dengan rampungnya penandatanganan perjanjian keagenan distribusi, KOBX kini memasarkan seluruh produk Dynapac yang dimiliki oleh Fayat Grup, baik itu mesin untuk pekerjaan compaction seperti single drum vibratory rollers, double drum vibratory rollers, combi roller, steel drum roller, pneumatic roller, dan tamping roller, mesin Paving seperti mini pavers, compact pavers, commercial pavers, city pavers, highway pavers, mobile feeder, dan screeds,  serta Compact Equipment seperti rammers, forward plates, reversible plates, walk-behind rollers, utility roller, dan mix spreader.

Selain menyediakan full fleet untuk mesin konstruksi jalan, KOBX juga masuk ke segmen power management untuk mendukung pekerjaan di lokasi tambang maupun konstruksi. Lini produk ini diwakili oleh Doosan Portable Power yang terdiri dari portable air compressors, generator (genset), lighting system, dan power modules.

“Produk-produk tersebut ditujukan untuk mendukung pekerjaan di lokasi pertambangan maupun proyek yang membutuhkan mesin penyedia listrik (generator/ genset), kompresor udara, dan sistem lampu penerangan,” terang  Andry.

Saat ini, bisnis KOBX ditopang oleh jaringan yang tersebar di sejumlah wilayah KOBX memiliki 1 kantor pusat di Jakarta, 1 kantor pusat pelayanan di Bekasi, dan 13 kantor cabang  berlokasi di Jakarta, Medan, Batam, Lahat, Semarang, Surabaya, Banjarmasin, Batu Licin, Tarakan, Balikpapan, Makassar, Samarinda, dan yang terbaru di Cilegon.

Andry menerangkan, pembukaan cabang baru di Cilegon, Banten merupakan salah satu upaya KOBX untuk terus meningkatkan kualitas dan kecepatan pelayanan atas produk-produk yang ditawarkan. Cabang baru ini melayani jasa penjualan, jasa perbaikan, dan penjualan suku cadang alilas sales, service, and spare part (3S).

 

 

KOBX berharap,  masuknya lini produk baru dan peningkatan jangkauan pelayanan melalui pembukaan kantor cabang, dapat menopang kinerja di masa mendatang. Target KOBX, segmen non tambang terus bertumbuh dan memberikan keseimbangan pendapatan antara tambang dan non tambang.

“Saat ini non tambang berkontribusi sekitar 20-25% dan akan meningkat dalam jangka menengah hingga mencapai 30% terhadap pendapatan konsolidasi. Sehingga pada akhirnya memberikan nilai lebih (value added) kepada stakeholder, terutama para pemegang saham,” tutur Andry.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×