kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tanihub gandeng GoFruit lebarkan pasar buah lokal


Senin, 18 November 2019 / 21:36 WIB
Tanihub gandeng GoFruit lebarkan pasar buah lokal
Penandatanganan kerjasama Tanihub dengan GoFruit untuk lebarkan pasar buah lokal.


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Guna tingkatkan pamor buah lokal di domestik, platform e-commerce untuk hasil pertanian Tanihub gandeng platform e-commerce khusus buah-buahan GoFruit. Kerja sama tersebut nantinya Tanihub akan berperan dalam memasok buah lokal ke semua outlet GoFruit.

Buah yang dipasok Tanihub ke GoFruit adalah buah dengan grade A, B dan C. Saat ini sendiri GoFruit membangun tiga format awal outlet yaitu ruko, rumahan dan lapak.

Baca Juga: Start up pertanian semakin subur dalam menjaring mitra dan pelanggan

Selain pasok buah dari petani langsung, Tanihub membiayai produksi 200 tenda co-branding yang akan digunakan pelapak dari GoFruit. Kerja sama tersebut dirasa sejalan lantaran keduanya memiliki tujuan yang sama untuk menghubungkan petani dengan konsumen.

Tanihub merupakan platform e-commerce yang menghubungkan petani dengan berbagai jenis usaha serta end user. Sementara, GoFruit adalah perusahaan online to offline untuk buah-buahan yang memudahkan konsumen untuk memesan buah secara online kemudian konsumen dapat memilih agar buah dikirim ke alamatnya atau mengambil di pick up point.

CEO Tanihub Group Ivan Arie Sustiawan mengatakan, kerja sama ini adalah upaya mendukung pertumbuhan usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM khususnya pedagang kecil yang menjual hasil Tani dengan harga yang wajar, misalnya buah lokal.

Baca Juga: TaniGroup raih pendanaan pra-seri A

"Kita melihat bahwa GoFruit ini kuat di bisnis offline-nya. Mereka punya beberapa konsep bisnis ritel toko buah, mulai dari modelnya ruko maupun tenda. Harapannya dengan kerja sama ini bantu maksimalkan salurkan hasil petani binaan kita, kita akan dibantu teman GoFruit serap lebih banyak lagi," jelas Ivan saat acara penandatanganan kerjasama dengan GoFruit di Kawasan Kemang Selatan, Jakarta Selatan, Senin (18/11).

Tanihub sendiri saat ini memiliki warehouse atau distribution center yang terletak di 4 Kota yaitu Bogor, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya serta sejumlah titik distribusi di berbagai area.

Di warehouse tersebut dilakukan pengelompokan buah dan sayur, mengukur tingkat kemanisan, melakukan quality control dan quality assurance agar kualitas produk yang sampai ke tangan pelanggan tetap terjaga kesegarannya.

Baca Juga: Kemkop dan UKM berharap ada gudang baru untuk tampung hasil panen petani

Total saat ini ada kurang lebih  35.000 petani yang dibina Tanihub. Mimpi Tanihub ialah mampu rengkuh 1 juta petani binaan yang tentunya dapat membuat para petani lebih sejahtera lagi dengan memutus rantai pasok yang panjang. Sayangnya Ivan belum merinci kapan 1 juta petani binaan ingin dicapai.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×