kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tingkatkan jumlah mitra, Mbizmarket kerja sama dengan Pemkab Tabalong


Kamis, 17 Desember 2020 / 17:44 WIB
Tingkatkan jumlah mitra, Mbizmarket kerja sama dengan Pemkab Tabalong
ILUSTRASI. Mbizmarket merupakan pionir di bidang penyediaan solusi total e-procurement di Indonesia


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Brilliant Ecommerce Berjaya menambah kolaborasi dengan pemerintah daerah dalam pengadaan barang/jasa secara digital lewat platform e-commerce Mbizmarket. Terbaru, perusahaan bekerjasama dengan Pemkab Tabalong, Kalimantan Selatan.

Kerja sama dilakukan lantaran Pemkab Tabalong akan menggunakan platform perdagangan elektronik (e-commerce platform) untuk belanja pengadaan barang/jasa kebutuhan pemerintah dengan nilai maksimal Rp 50 juta per transaksi.   

Mbizmarket.co.id sebelumnya telah mendapat kepercayaan dan digunakan sebagai platform pengadaan barang/jasa di lingkungan pemerintah Provinsi Jawa Barat, Provinsi Bali, dan Provinsi Jawa Timur.

Kesepakatan yang dilakukan Pemkab Tabalong ini merupakan terobosan  dan inovasi Pemerintah Kabupaten Tabalong untuk membuat mekanisme pengadaan barang /jasa di lingkungan pemerintah kabupaten menjadi lebih baik, transparan dan akuntabel.

Baca Juga: Mbizmarket gandeng Pemprov Jatim dalam pengadaan barang dan jasa secara digital

CEO Mbiz, Rizal Paramarta menyambut baik kerja sama itu dan akan mendukung Pemerintah Kabupaten Tabalong dalam menerapkan program belanja daring kebutuhan pemerintah ini.

“Terkait dengan pemanfaatan platform Mbizmarket.co.id di lingkungan pemerintah Kabupaten Tabalong, kami tidak akan mengenakan biaya penggunaan platform e-marketplace,” kata Rizal dalam keterangan resminya pada Kontan.co.id, Kamis (17/12).

Hal itu dilakukan dengan harapkan dapat mendukung pemerintah untuk mengedepankan transparansi, sekaligus agar semua proses menjadi lebih cepat prosesnya, efisien, efektif dan akuntabilitasnya dapat dipertanggung-jawabkan. 

Rizal bilang, terealisasinya kerja sama ini  merupakan komitmen Mbiz untuk mendukung pemerintah dalam percepatan transformasi digital, sekaligus pemberdayaan UMKM lokal.

Kabupaten Tabalong menjadi pionir di Kalimantan, karena merupakan kabupaten pertama di lingkungan pemerintah di Kalimantan yang menerapkan belanja daring di platform e-commerce B2B  untuk pengadaan  barang/jasa yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

Menurut Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Pemkab Tabalong, Subhan, Pemkab Tabalong menargetkan akan secara efektif menerapkan sistem belanja online di lingkungan kabupaten pada April 2021. Awal tahun akan difokuskan untuk pelatihan seluruh staf yang terkait proses belanja daring ini.

Pada tahap awal, sasaran pelatihan akan diberikan kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang merupakan pejabat yang melakukan pengadaan barang/jasa.

Baca Juga: Mbiz dan Investree luncurkan pinjaman B2B terintegrasi

Sasaran berikutnya adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang merupakan penyedia kebutuhan pengadaan makan minum kantor, perlengkapan alat tulis kantor (ATK), photocopy, komputer dan lain sebagainya.

Pemanfaatan platform B2B e-commerce kini mulai menjadi suatu standar di lingkungan pemerintah, khususnya untuk memenuhi kebutuhan barang/ jasa pemerintah. 

Peraturan Presiden No. 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah menjadi landasan utama  Sistem Penyelenggaraan Secara Elektronik (SPSE), yang menentukan tentang pemanfaatan e-marketplace untuk menyediakan infrastruktur teknis dan layanan dukungan transaksi bagi Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah dan Penyedia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×