kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.412.000   -13.000   -0,54%
  • USD/IDR 16.645   2,00   0,01%
  • IDX 8.612   -5,26   -0,06%
  • KOMPAS100 1.185   -4,75   -0,40%
  • LQ45 849   -5,56   -0,65%
  • ISSI 307   1,40   0,46%
  • IDX30 438   -1,12   -0,26%
  • IDXHIDIV20 508   -0,68   -0,13%
  • IDX80 132   -0,67   -0,50%
  • IDXV30 139   -0,07   -0,05%
  • IDXQ30 139   -0,10   -0,07%

Tokopedia–TikTok Shop Dorong Produk Lokal Tembus Pasar Regional


Rabu, 03 Desember 2025 / 22:38 WIB
Tokopedia–TikTok Shop Dorong Produk Lokal Tembus Pasar Regional
ILUSTRASI. Pelaku usaha melakukan live shopping saat Mega Guncang 12.12 Playground di Taman Literasi Blok M, Jakarta (11/12/2024).


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tokopedia dan TikTok Shop kembali meramaikan akhir tahun melalui puncak program belanja online Gajian Sale dan Promo Guncang 12.12 dan memperkuat dukungan terhadap pelaku usaha lokal untuk bisa  menembus pasar regional.

Data Badan Pusat Statistik mencatat transaksi e-commerce pada kuartal III-2025 tumbuh 6,19% secara kuartalan. Pada periode yang sama, ekspor barang dan jasa naik 9,91% secara tahunan, menunjukkan terbukanya peluang bagi produk lokal untuk merambah pasar global melalui kanal digital. 

Di Asia Tenggara, potensi ekonomi digital di enam negara terbesar, termasuk Indonesia, diperkirakan mencapai US$600 miliar pada 2030. Pasar regional yang terus bertumbuh ini menjadi peluang besar bagi UMKM dan brand lokal untuk memperluas jangkauan.

Merespons peluang tersebut, Tokopedia dan TikTok Shop memperkuat komitmen mendukung pertumbuhan brand lokal lewat Promo Guncang 12.12, yang membantu pelaku usaha meningkatkan visibilitas dan penjualan secara digital. Pada saat yang sama, inisiatif Lokal Mendunia mendorong ekspor produk Indonesia melalui ekosistem regional TikTok Shop di Asia Tenggara.

Baca Juga: Tokopedia & TikTok Shop Melatih UMKM Bikin Konten Lewat Creators Lab

Head of Public Policy & Government Relations Tokopedia and TikTok Shop E-commerce Indonesia, Hilmi Adrianto, mengatakan momentum 12.12 bukan hanya memberikan nilai tambah bagi pembeli, tetapi juga membuka peluang lebih besar bagi brand lokal untuk naik kelas dan menembus pasar global. “Upaya ini turut memperkuat kontribusi produk lokal terhadap ekonomi digital nasional,” kata dia dalam keterangannya, Rabu (3/12/2025).

Menteri Perdagangan Budi Santoso, mengapresiasi langkah platform digital dalam memperluas akses pasar bagi produk lokal, terutama melalui kampanye Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pada 10–16 Desember 2025. Ia berharap inisiatif ini dapat memperkuat posisi produk Indonesia di pasar internasional melalui pemanfaatan ekosistem perdagangan digital yang inklusif dan kompetitif.

Program Lokal Mendunia sendiri dirancang untuk mendorong brand Indonesia menembus pasar utama Asia Tenggara. Lewat pembelajaran terarah, aktivitas berbasis misi, pendampingan intensif, serta akses ke tim TikTok Shop di tiap negara, brand lokal dipersiapkan untuk memahami kebutuhan pasar regional hingga memvalidasi potensi produk. 

Program ini juga menghubungkan peserta dengan TikTok Shop Partners yang menyediakan layanan profesional mulai dari konten, live streaming, pengelolaan toko, hingga dukungan pemenuhan pesanan.

Sejumlah perusahaan lokal telah memanfaatkan TikTok Shop untuk memperluas bisnisnya di pasar global. Realfood, misalnya, membawa produk sarang burung walet ke negara-negara Asia Tenggara melalui dukungan analitik konsumen dan ekosistem konten TikTok Shop. 

Baca Juga: Biaya Promosi di E-Commerce Paling Efektif Menggenjot Angka Penjualan

Paragon dengan brand Wardah, Kahf, Make Over, dan Emina memperkuat ekspansi ke Malaysia melalui kolaborasi kreator dan pemanfaatan data untuk membaca tren global. Sementara Eiger Adventure, yang telah hadir di Malaysia sejak 2023, kini bersiap masuk ke Thailand, Filipina, Vietnam, dan Singapura lewat dukungan live shopping dan analitik real-time.

Kesuksesan Promo Guncang 11.11 menjadi indikator kuat kolaborasi Tokopedia dan TikTok Shop. “Pada periode tersebut, transaksi Tokopedia melonjak 176% dan TikTok Shop naik 96% dibanding hari biasa. Jumlah pesanan juga meningkat signifikan, masing-masing 92% dan 64%.” ungkap Hilmi.

Menjelang puncak 12.12, TikTok Shop lebih dulu menggulirkan rangkaian promosi sejak 24 November, menawarkan voucher hingga Rp300.000, diskon harian 20%, dan Gratis Ongkir Rp0. Antusiasme memuncak pada 25 November dengan diskon produk FYP dan voucher 50%. Sementara Tokopedia menghadirkan Road to 12.12 pada 1–11 Desember dengan voucher hingga Rp1,2 juta, Gratis Ongkir Rp0, clearance sale hingga 90%, serta program Super Brand Day.

Seluruh rangkaian promosi di kedua platform akan berpuncak pada 12 Desember dengan  menghadirkan total voucher hingga Rp12 juta, Voucher Kaget setiap dua jam, flash sale Rp12.000 untuk lebih dari 120.000 produk, hingga Shopping Cart Clearance senilai hingga Rp120 juta.

Selanjutnya: Penjaminan Jamkrindo Syariah Salurkan Zakat Rp 500 Juta

Menarik Dibaca: 9 Mitos Tata Letak Dapur yang Sudah Nggak Relevan di 2025, Ayo Coba Gaya Baru!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Video Terkait



TERBARU
Kontan Academy
Mitigasi, Tips, dan Kertas Kerja SPT Tahunan PPh Coretax Orang Pribadi dan Badan Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM)

[X]
×