kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tol Japek Elevated telah jalani ULF jelang persiapan nataru


Kamis, 05 Desember 2019 / 21:36 WIB
Tol Japek Elevated telah jalani ULF jelang persiapan nataru
ILUSTRASI. Suasana jalan Tol layang Jakarta-Cikampek II (Elevated) di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (4/12/2019).


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Jasa Marga Tbk melalui PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) telah jalani proses Uji Laik Fungsi (ULF) oleh Kementerian PUPR (Unit Pelayanan Perizinan Jalan Bebas Hambatan/UPP JBH dan BPJT), Korlantas POLRI, dan Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan yang berlangsung selama dua hari, 3-4 Desember 2019.

Direktur Utama JJC, Djoko Dwijono menyatakan ada tiga aspek yang diuji dalam proses ULF tersebut, yakni manajemen dan keselamatan lalu lintas, konstruksi, operasional dan administrasi, dimana hingga saat ini pihaknya masih menunggu hasil ULF tersebut.

Baca Juga: Anggarkan Capex Jumbo, Ini yang Akan Dilakukan Jasa Marga (JSMR) Tahun Depan premium

“Kami mengharapkan Uji Laik Fungsi mendapatkan hasil yang baik, agar jalan tol ini dapat segera digunakan oleh masyarakat saat libur Natal dan Tahun Baru," ujarnya dalam keterangan tertulis kepada kontan.co.id, Kamis (5/12).

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) berada tepat di atas sebagian Jalan Tol Jakarta-Cikampek eksisting. Karenanya, Djoko menekankan faktor yang menjamin keamanan pengguna jalan yang harus disiapkan cukup berbeda dengan jalan tol lainnya yang telah beroperasi.

Selain menyiapkan kelengkapan jalan berkeselamatan seperti perambuan dan marka jalan serta armada pelayanan lalu lintas seperti ambulance, kendaraan patroli, rescue, dan Patroli Jalan Raya (PJR), PT JJC juga telah bekerjasama dengan dua rumah sakit terdekat.

Di luar itu, PT JJC juga menyiapkan titk-titik darurat untuk mengantisipasi berbagai skenario kejadian yang mungkin terjadi di atas jembatan terpanjang di Indonesia tersebut.

Untuk keadaan darurat, pihaknya juga membuat 8 bukaan atau U-Turn yang dilengkapi dengan tangga darurat. "Ke depannya, Kami juga berencana membangun 4 emergency parking bay, 2 buah di masing-masing arah," jelasnya.

Baca Juga: Rasio Utang BUMN Karya Disinggung Pemerintah, Dua Emiten Ini Punya DER Tertinggi premium

Sayangnya, terkait potensi volume kendaraan yang melintas maupun tarif yang berlaku pihaknya masih belum membeberkan. "Sistem pengoperasian dan besaran tarif masih dalam proses pembahasan dg Pemerintah," tutupnya.

Ketika sudah bisa dilintasi, pengguna jalan dari arah Jakarta dapat mengakses dari Jalan Tol Dalam Kota, Jalan Tol Wiyoto Wiyono, Jalan Tol JORR, dan Jalan Tol Jagorawi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×