kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45934,92   -28,81   -2.99%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Trafik data Telkomsel naik pada Ramadan & Lebaran, platform ini paling banyak diakses


Selasa, 18 Mei 2021 / 16:10 WIB
Trafik data Telkomsel naik pada Ramadan & Lebaran, platform ini paling banyak diakses
ILUSTRASI. Telkomsel mencatatkan kenaikan trafik layanan data 10% dibanding hari biasa pada momen Ramadan dan Idul Fitri 1442 H.


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) mencatatkan kenaikan trafik layanan data 10% dibanding hari biasa menjadi 39,7 Petabyte (PB) pada momen Ramadan dan Idul Fitri 1442 H. Sementara dibandingkan dengan momen Ramadan dan Idul Fitri tahun lalu, trafik data Telkomsel melonjak 49%.

Ada lima wilayah operasional Telkomsel yang mencatatkan kenaikan layanan data tertinggi dibandingkan hari biasa. Lima wilayah tersebut adalah Sumatra bagian utara, tengah, maupun selatan yang masing-masing meningkat 13%, lalu Jawa Timur naik 12%, dan Jawa Tengah 11%.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, kenaikan trafik layanan data tersebut didorong oleh semakin tingginya pemanfaatan layanan komunikasi berbasis digital sebagai sarana silaturahmi virtual. Sebagaimana diketahui, pemerintah melarang mudik selama 6-17 Mei 2021 guna menekan penyebaran virus Covid-19.

"Kami memaknai perayaan Idul Fitri sebagai momentum untuk membuka kesempatan lebih luas bagi masyarakat untuk #BukaPintuKebaikan dengan terus menjalin silaturahmi dan tetap terhubung walau dilakukan secara digital dan virtual melalui dukungan jaringan broadband yang andal dan berteknologi terdepan dari Telkomsel," kata Nugroho dalam siaran pers, Sabtu (15/5).

Baca Juga: Selama masa Lebaran 2021, Indosat Ooredoo catatkan kenaikan trafik data 10%

Selama momen Ramadan dan Idul Fitri 1442 H, platform video streaming berkontribusi sebesar 37% terhadap total akses layanan data Telkomsel. Disusul oleh platform komunikasi video 16%, dan media sosial 29%. Jika dibandingkan dengan hari biasa, trafik platform tersebut masing-masing tumbuh 22%, 14%, dan 7%.

Di samping itu, penggunaan layanan mobile gaming, browsing, dan aplikasi/situs media oleh pelanggan Telkomsel juga tercatat tumbuh masing-masing 81%, 36%, dan 11% dibandingkan hari biasa. Selain itu, Telkomsel juga mencatat enam aplikasi berbasis digital yang paling banyak diakses pelanggan antara lain Youtube, Facebook, Whatsapp, Instagram, Tiktok, dan Mobile Legends.

Di sisi lain, layanan SMS di momen Ramadan dan Idul Fitri 2021 mengalami peningkatan sebesar 23% dibandingkan hari biasa dan naik 33% dibanding tahun lalu. Sementara untuk layanan panggilan suara, tercatat peningkatan trafik sebesar 4% dibandingkan hari biasa dan penurunan 14% dibanding tahun lalu.

Nugroho menyampaikan, Telkomsel konsisten dalam mendampingi masyarakat agar dapat menjalani Ramadan dan Idul Fitri setiap tahun dengan nyaman. Telkomsel telah melakukan optimalisasi dan pengamanan operasional jaringan di 554 point of interest (POI) yang secara khusus difokuskan di wilayah perumahan, rumah ibadah, rumah sakit penanganan Covid-19, titik transit transportasi seperti bandara, terminal bus, pelabuhan, dan jalur penyaluran logistik, serta area spesial lainnya seperti pusat pelayanan publik.

Baca Juga: Penggunaan internet melonjak selama Lebaran, ini kata Menteri Kominfo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×