kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45946,77   5,66   0.60%
  • EMAS930.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.15%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.20%

Trafik data terus melejit, XL Axiata terapkan teknologi smart massive MIMO Huawei


Kamis, 25 November 2021 / 23:51 WIB
Trafik data terus melejit, XL Axiata terapkan teknologi smart massive MIMO Huawei
ILUSTRASI. Seorang teknisi XL Axiata Tbk melakukan perawatan BTS XL Axiata di Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (19/3/2021). ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/foc.

Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Seiring pertumbuhan trafik data yang terus meningkat, XL Axiata terus meningkatkan kapasitas jaringan, Salah satunya, menerapkan teknologi terbaru smart massive MIMO. 

Dengan menggandeng Huawei, penerapan teknologi meningkatkan kualitas dan kapasitas jaringan hingga beberapa kali lipat lebih besar.

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, trafik penggunaan yang meningkat harus diimbangi kapasitas jaringan yang memadai agar kualitas layanan tidak menurun. 

“Untuk itulah, kami menggandeng Huawei untuk menerapkan teknologi smart massive MIMO ini di area-area yang membutuhkan penambahan kapasitas jaringan,” kata Gede, dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Rabu (24/11). 

Smart massive MIMO merupakan teknologi dengan konsep multiple-input dan multiple-output radio yang dapat meningkatkan kapasitas jaringan dan efisiensi spektrum. Gampangnya, teknologi ini memiliki kemampuan meningkatkan kualitas dan kapasitas jaringan.

Selain itu, dari sisi  operasional jaringan, teknologi ini dapat memperbesar efisiensi spektrum pada jaringan. Sehingga membantu mengurangi beban operasional jaringan.

CEO Huawei Indonesia Carrier Business, Andy Ma, mengatakan, teknologi ini evolusi teknologi di era 5G. Huawei smart massive MIMO juga merupakan sarana penting mengatasi pertumbuhan trafik jaringan yang cepat. Huawei akan terus berkolaborasi dengan XL Axiata di bidang yang lebih teknis. 

“Saat ini, teknologi Huawei smart massive MIMO telah dikomersialkan di lebih dari 60 jaringan operator di seluruh dunia untuk meningkatkan kinerja dan daya saing jaringan mereka,” kata Andy. 

Teknologi ini  menjawab permasalahan pada area yang memiliki jumlah pengguna banyak dengan konsumsi trafik data tinggi. Dengan menerapkan teknologi ini, XL Axiata akan mampu menjaga kenyamanan pelanggan dalam menggunakan layanan data,  meskipun menggunakan platform atau aplikasi digital yang memerlukan kapasitas besar. Seperti video conference, video streaming, webinar, dan video call.

 

XL Axiata juga akan menerapkan teknologi tersebut pada jaringan 5G. Selain dapat mendukung jaringan 5G, teknologi ini meningkatkan kapasitas jaringan sekitar enam hingga sembilan kali lipat pada jaringan 5G. Dan juga efisien dalam penggunaan spektrum yang ada.

Selanjutnya: Serangan siber ke korporasi semakin marak, Telkomsel tawarkan IoT Sphere

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
UU Kepailitan Tuntas Mendelegasikan Tugas

[X]
×