kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,40   8,81   0.99%
  • EMAS1.332.000 0,60%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Trisula Group Gencar Memasarkan Produk Lokal


Rabu, 06 April 2022 / 14:50 WIB
Trisula Group Gencar Memasarkan Produk Lokal
ILUSTRASI. Aktivitas pekerja pabrik tekstil dan garmen


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Trisula Group, pemilik saham tekstil dan garmen yang terintegrasi di dua Perusahaan Publik, yaitu PT Trisula International Tbk (TRIS) dan PT Trisula Textile Industries Tbk (BELL), terus gencar memasarkan produk lokalnya melalui produk ritel dan customized order.

TRIS dan BELL melalui keahliannya dalam customized order sebagai produsen tekstil dan garmen lokal ini telah eksis baik di pasar domestik maupun kancah internasional. Selain itu, BELL juga aktif dalam memasarkan produk ritelnya, yaitu JOBB dan Jack Nicklaus.

Santoso Widjojo selaku Direktur Utama TRIS mengatakan pihaknya bersyukur dapat menjadi produsen tekstil dan garmen global yang telah banyak dikenal melalui produk-produk berkualitas.

Baca Juga: Konservatif, Trisula International (TRIS) Bidik Penjualan Naik 8% di Tahun 2022

"Hal ini terbukti dengan pertumbuhan penjualan ekspor tahun 2021 sebesar 14,1%, yang berfokus pada pangsa pasar Australia, Jepang, Inggris, Amerika, Selandia Baru, dan sebagainya. Hal ini tentu tidak terlepas dari upaya kami untuk terus membuat produk berkualitas dan terus berinovasi sehingga dapat dipercaya dan mampu bersaing di pasar global," tuturnya dikutip dari keterangan resmi yang diterima Kontan, Rabu (6/4).

Produk-produk yang TRIS andalkan terdiri dari celana panjang, jaket, functional clothing, dan protective wear. Adapun pada tahun 2021, TRIS meraih penjualan sebesar Rp1 triliun atau mengalami sedikit koreksi 3,8% YoY. Di sisi lain pada tahun 2021 TRIS mencatatkan laba usaha sebesar Rp43,8 miliar atau naik 30,5% YoY dan laba yang diatribusikan ke induk sebesar Rp4,7 miliar atau meningkat 144,0% YoY.

TRIS juga memperoleh kenaikan pada masing-masing bisnisnya pada tahun 2021, yaitu manufaktur meningkat 6,8% YoY, distribusi meningkat 3,3% YoY, dan ritel meningkat 5,2% YoY.

Di sisi lain sepanjang tahun 2021, BELL juga berhasil meningkatkan penjualan ritel menjadi Rp84,5 miliar atau naik 12,1% YoY dibandingkan tahun sebelumnya. Produk ritel BELL ini terdiri dari pakaian jadi dengan merek JOBB dan Jack Nicklaus yang sudah dipasarkan di berbagai wilayah strategis di Indonesia.

JOBB merupakan merek produk lokal milik BELL sendiri, yang terdiri dari jas, celana formal, pakaian casual, kemeja, dan sebagainya. Melalui merek JOBB ini, BELL berinovasi dengan membuat produk Jaket Sehat yang terbuat dari material kain khusus untuk era new normal dengan fitur anti-mikroba, anti-air, dan breathable. Lalu, juga terdapat merek lisensi Jack Nicklaus yang lebih fokus untuk memproduksi pakaian casual.

“BELL bangga dapat membuat produk lokal sendiri yang mendapatkan banyak respon positif dari masyarakat. Kami terus mencari peluang dengan melakukan berbagai inovasi. Belum lama ini BELL juga terpilih sebagai pemenang inovasi terbaik pada acara WOW Innovation Award 2021 dengan meraih 3 penghargaan sekaligus. Mulai dari smart working, pengelolaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), dan penerapan metode baru dalam pencelupan kain. Kedepannya kami meyakini bahwa industri tekstil dan produk tekstil akan semakin membaik dan BELL mampu meraih kinerja yang lebih baik lagi," ujar R Nurwulan Kusumawati, Direktur BELL.

Sebagai informasi pada tahun 2021, BELL memperoleh penjualan sebesar Rp428,2 miliar. Meskipun terkoreksi dari periode sebelumnya, di sisi lain BELL memiliki pertumbuhan pada laba usaha sebesar 106,3% YoY.

Baca Juga: Simak Strategi Trisula Textile Industries (BELL) Maksimalkan Kinerja di Tahun 2022

Hal ini karena berbagai efisiensi yang dilakukan BELL sepanjang tahun 2021. BELL juga meraih peningkatan pada laba yang diatribusikan ke induk sebesar 115,3% YoY. Kemudian, sebagai upayanya dalam memperluas produk lokal di pasar internasional, pada tahun 2021 BELL juga berhasil meningkatkan penjualan ekspor 40,9% YoY.

Hal ini menunjukan bahwa produk TRIS dan BELL telah mendapatkan respon yang positif di pasar domestik dan internasional yang sejalan dengan upaya Pemerintah Indonesia melalui Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI), yaitu kualitas yang dimiliki produk lokal tidak kalah saing dengan produk luar negeri, serta terus mampu meningkatkan pemasaran hingga di kancah internasional.

Di sisi lain, TRIS dan BELL juga aktif memasarkan produk secara omnichannel, yaitu online dan offline. TRIS dan BELL melihat peluang yang ada baik ritel offline yang beranjak pulih dan online yang terus banyak diminati masyarakat. Misalnya, pada tahun 2021 ini TRIS membuat platform E-commerce yang terintegrasi bersama Trisula Group, yakni Yukshopping.com.

"Ke depannya kami optimis akan terus meningkatkan kinerja kami dengan berbagai inovasi dan keahlian yang kami miliki, termasuk kami akan terus mendukung Pemerintah untuk gencar memperkenalkan produk lokal,” tutup Santoso.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×